Rumah Singgah Inovasi Rindam Pattimura Fasilitasi Keluarga Serdik

Saturday, April 8, 2023, 20:39 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Rindam XVI/Pattimura yang memiliki tugas pokok dan latihan serta membantu pembinaan latihan di satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura, yang meliputi pendidikan, latihan, pengkajian dan pengembangan fungsi utama dan fungsi organik. 

Dalam penyelenggaraan bidang pendidikan ada diantaranya pendidikan pertama baik Bintara maupun Tamtama, yang mana para peserta didiknya berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Dalam setiap momen penutupan pendidikan, para keluarga peserta didik dipersilahkan hadir untuk menyaksikan penutupan pendidikan tersebut. 

Selama pendidikan, pada waktu pesiar atau ijin bermalam, keluarga Serdik juga diijinkan untuk menjenguk ke Rindam, mereka bisa memanfaatkan Rumah Singgah yang sudah disediakan.

Mengingat keluarga peserta didik sebagian besar berasal dari berbagai daerah yang jauh dari Kota Ambon dan tidak memiliki keluarga di wilayah Ambon serta terbatasnya fasilitas penginapan umum, maka Rindam XVI/Pattimura berinovasi dengan menciptakan atau membangun Rumah Singgah untuk menampung keluarga peserta didik selama menjenguk ataupun menghadiri undangan penutupan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo, saat peninjauan di Rindam XVI/Pattimura, Sabtu (08/04/2023).

"Disediakan beberapa rumah singgah,  didalamnya terdapat kamar-kamar yang cukup nyaman untuk istirahat," jelas Kapendam.


Selain Rumah Singgah, Rindam XVI/Pattimura juga memiliki berbagai inovasi yang diciptakan, yakni berbentuk aplikasi, diantaranya aplikasi Salawaku digunakan untuk membantu proses penyelenggaraan pendidikan. 

Dengan aplikasi ini, peserta didik dapat mengakses informasi tentang pendidikan. Aplikasi Rindam XVI/Pattimura digunakan untuk menyediakan informasi kegiatan serta data sesuai fungsi organik, aplikasi Qr-Code Gumil Handal untuk mendapatkan informasi data kaulifiksi dan kompetensi tenaga pendidik.

Selain itu, masih ada beberapa aplikasi yang tentunya memiliki fungsi masing-masing, diantaranya aplikasi Qr-Code Info Kegiatan Satuan, Qr- Code Gudang Hanjar, Qr- Code pendaftaran gumil secara online, Qr-Code pengawasan anggaran, Qr-Code Serdik bertanya, Qr-Code lapor prestasi/pelanggaran Serdik, Qr-Code Perijinan, Qr-Code Lapor komandan, Qr-Code menu gizi Serdik, Qr-Code honor gumil, Qr-Code Jadwal Dinas Dalam, Sisfo Rindam XVI/Pattimura, Whistle Blowing System dan Aplikasi Absen Online.

Tak hanya aplikasi yang diciptakan, namun ada beberapa inovasi yang siap digunakan oleh organik Rindam maupun peserta didik, diantaranya Penyediaan ATM keliling, Tempat Kunjungan peserta didik dan penyediaan sarana pengantaran peserta didik saat berlibur.

"Semua inovasi yang diciptakan Rindam XVI/Pattimura ini merupakan upaya meningkatkan pembangunan zona integritas Wilayah Tertib Reformasi Birokrasi, khususnya di Rindam XVI/Pattimura," pungkas Kapendam.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler