Sidang Parade Calon Tamtama Dilaksanakan Secara Obyektif dan Transparan

Wednesday, April 5, 2023, 21:24 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, S.I.P. memimpin langsung sidang Parade Calon Tamtama (Catam) PK Reguler dan Keagamaan Gelombang l TA 2023 Sub Panda Ambon Korem 151/Binaiya, bertempat di Gedung Baileo Slamet Ryadi, Makorem 151/Bny, Kota Ambon, Rabu (05/04/2023).

Jumlah calon Tamtama PK yang mengikuti sidang Parade 863 orang, terdiri dari 35 orang berasal dari santri atau lintas agama dan 828 orang pemuda masyarakat umum yang terpilih dari berbagai daerah di wilayah Provinsi Maluku.

Mengawali sambutannya, Danrem 151/Bny menyampaikan bahwa para calon tersebut telah melewati tahapan pemeriksaan awal yang sangat ketat dan teliti, meliputi aspek administrasi, kesehatan dan jasmani yang dilaksanakan secara objektif dan transparan selanjutnya akan mengikuti seleksi pusat.

Sidang parade yang diselanggarakan panitia daerah penerimaan calon Tamtama merupakan rangkaian seleksi tingkat awal, Calon Tamtama yang memenuhi persyaratan atau kriteria untuk melanjutkan seleksi tingkat Kodam XVI/Pattimura.


Pada kesempatan itu, Danrem juga mengingatkan seluruh panitia untuk masuk TNI tidak dipungut biaya, sehingga panitia dituntut harus bersikap adil, jujur dan objektif serta transparan agar citra positif TNI AD di masyarakat dapat terus terjaga.

"Anggapan bahwa dalam proses rekruitmen TNI AD masih terjadi nepotisme harus dapat ditepis, TNI AD sampai saat ini masih membutuhkan calon prajuritnya yang berkualitas, sehingga dalam proses rekruitmen ini panitia harus dapat memilih putra terbaik dari semua latar belakang keluarga, sehingga ke depan kita bisa melahirkan calon Prajurit TNI AD yang profesional, hebat dan tangguh," tegas Danrem.

"Untuk itu, kepada semua panitia untuk menghindari hal-hal yang tidak terpuji, dengan tidak memberikan janji dalam bentuk apapun kepada calon atau orang tua calon. Panitia harus mempedomani semua kriteria kelulusan sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh Pimpinan TNI AD," lanjut Danrem.*

(ATM-MM)

Sumber : Penrem151/Bny

TerPopuler