Gelar Bimtek, Begini Kata Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo

Tuesday, May 9, 2023, 17:06 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Bawaslu Kabupaten Probolinggo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka pengawasan tahapan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPRD DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten.

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib dalam sambutan dan arahannya sekaligus membuka acara Bimtek Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu bagi Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Probolinggo. Bertempat di Utama Raya Beach Hotel and Resort Banyuglugur Situbondo.

Cak Qorib (sapaan akrab Fathul Qorib -red) mengatakan, Panwaslu itu dalam menjalankan tugasnya lebih baik berakit-rakit ke hulu, berenang ketepian, lebih baik bersakit-sakit dahulu diruang latihan, menang kemudian di medan perang.

"Giat yang kita lakukan, mulai dari Rakor Divisi Pencegahan, Humas dan Parmas di  Pareho Paiton, Bimtek Divisi Penanganan Pelanggaran di Kampoeng Kita hingga Bimtek Penyelesaian Sengketa Proses yang hari ini digelar di Utama Raya Beach Hotel and Resort Banyuglugur Situbondo adalah, merupakan upaya kita untuk bersakit-sakit dahulu diruang latihan, menguatkan pemahaman kita tentang regulasi dalam mengawasi, mencegah dan menindak setiap laporan dugaan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses dalam setiap tahapan Pemilu serentak 2024 ini," ucap Cak Qorib dengan intonasi semangat.


Lanjutnya, bahwa Pengawas Pemilu tidak boleh dan tidak bisa menolak setiap laporan yang datang dan temuan hasil pengawasan. "Oleh karena itu, kita harus terus berikhtiar meningkatkan pengetahuan dengan menggali ilmu dari setiap narasumber yang berbagi ilmu dan sharing dengan kita," tegasnya.

"Hingga pada saatnya nanti kita sudah siap dengan segala kemampuan kita untuk melakukan penindakan dan penyelesaian sengketa proses Pemilu," imbuhnya.

Itulah kenapa Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Probolinggo Mas Yonki Hendriyanto mengadakan Bimtek Penyelesaian Sengketa terutama Penyelesaian Sengketa cepat bagi Panwaslu se Kabupaten Probolinggo, yang berpotensi di masa tahapan kampanye pada pemilu serentak 2024 ini.

(Fiq/Humas Bawaslu)

TerPopuler