Berawal dari Keprihatinan, Secara Swadaya Warga Simpang Tungkal Gotong Royong Cor Jalan Kampung

Friday, May 19, 2023, 17:57 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Musi Banyuasin - Secara swadaya, warga Desa Simpang Tungkal melakukan penggalangan dana dan bergotong royong melaksanakan pengecoran jalan di lingkungannya.

Seperti yang disampaikan Deni (31), warga Desa Simpang Tungkal yang turut serta berpartisipasi dan bergotong royong membangun jalan mereka sendiri. Deni mengatakan kepada awak media ini, bahwa hal ini sudah direncanakan sejak lama, dikarenakan kondisi jalan di lingkungan mereka tidak layak di lalui.

"Kami bersama-sama warga lainnya memang sudah berencana sejak beberapa bulan lalu untuk mengecor jalan ini, karena ketika musim hujan kami kesulitan untuk melewatinya. Jadi kami semua mengambil inisiatif untuk mengumpulkan dana dari masing masing keluarga disekitar sini saja," ujarnya.

"Ya namanya juga dana swadaya mas, jumlahnya tidak seberapa dan dengan uang yang seadanya itulah kami membeli semen, pasir dan kerikil untuk mengecor jalan ini secara bertahap, sesuai kemampuan kami," ujarnya kembali.


Hal senada juga diungkapkan oleh warga lainnya, Nanto dan Sopan, yang juga ikut menyumbang dan bergotong royong menyampaikan rasa keprihatinannya terhadap jalan kampung yang ada di daerahnya.

"Kami berupaya sebisa kami saja untuk membuat jalan ini nyaman di lewati. Karena keterbatasan biaya, jadi kami mengecor seadanya dulu. Bila nanti ada lagi biaya, kami akan lanjutkan lagi pengecorannya," jelas mereka kompak.

Ini merupakan bentuk nyata kepedulian warga terhadap kenyamanan terutama dilingkungan mereka. karena, menurut warga, jika berharap dari pemerintah, hal itu belum tentu cepat terwujud.

"Jika bukan kita sendiri yang peduli, siapa lagi. Dan semoga kekompakan ini akan di tiru oleh warga warga yang lainnya. Tentunya demi kepentingan khalayak banyak, dan tidak selalu bergantung kepada bantuan pemerintah," pungkas kedua warga tersebut.*

(Ari Widadi)

TerPopuler