Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Halal Bi Halal Dalam Mangalop Riah Pemekaran Simalungun

Kamis, 11 Mei 2023, 23:04 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati H. Zonny Waldi menghadiri acara halal bi halal dalam Mangalop Riah Pemekaran Simalungun, Kamis (11/5/2023).

Acara halal bi halal tersebut dilaksanakan oleh Persatuan Pemangku Adat Budaya Simalungun (PPABS) dan Tokoh Adat Simalungun di Hotel Sapadia, Kota Pematang Siantar.

Ketua PPABS Jantoguh Damanik mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengambil keputusan/musyawarah untuk pemekaran Kabupaten Simalungun.

"Musyawarah ini dilakukan karena banyaknya desakan dan permintaan dari masyarakat kita, agar Kabupaten Simalungun dimekarkan. Jadi, itulah kenapa kita lakukan musyawarah ini, untuk mengambil keputusan agar masyarakat bersatu," ujar Jantogu.

Jantogu mengatakan, pemekaran ini sudah sangat lama dimimpikan oleh masyarakat Simalungun. Jadi diharapkan agar di musyawarah ini didapat hasil dan kesepakatan bersama.

"Pemekaran ke depan, kita akan buat gerakan yang selama ini dimimpikan untuk melakukan pemekaran. Dan ijinkan kami untuk membentuk tim," pungkas Jantogu. 

"Dan secara pribadi, saya sangat mendukung yang namanya pemekaran. Bahwa dasar ide Pemekaran ini merupakan ketidakadilan  pembangunan di Simalungun. Mari kita bersama-sama menentukan sikap," sambung Jantogu.


Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan, doa dan kebersamaan untuk mendukung pembangunan Kabupaten Simalungun.

Disampaikan Bupati, bahwa Simalungun mempunyai karakteristik yang sangat unik dari positifnya, dimana masyarakat Simalungun sangatlah kompak untuk Marharoan Bolon.

"Ternyata, kalau kita bisa bersama apapun persoalan yang ada di Kabupaten Simalungun akan dapat kita selesaikan. Dan secara pribadi saya selalu membuat serta berupaya, agar Kabupaten Simalungun ini menjadi daerah favorit di Wilayah Sumut," kata Bupati.

"Termasuk juga terkait adat dan budaya, karena adat dan budaya inilah yang menunjukkan identitas kita," ucap Bupati menambahkan. 

Terkait dengan isu pemekaran, Bupati mengatakan, bahwa di setiap Nagori yang ia datangi, masyarakat selalu meminta agar dilakukan pemekaran. "Mohon saran dan dukungan dari tokoh-tokoh Simalungun, agar kelak hasil dari musyawarah kita ini nantinya disuarakan di paripurna," kata Bupati. 

Menurut Bupati, banyak manfaat yang akan di dapat dari Pemekaran. Sebab, ketika Pemekaran dilakukan akan terjadi pemerataan pembagunan. "Harus ada di buat rencana besar dan dibentuknya tim-tim perwakilan dari setiap elemen masyarakat Simalungun," sebut Bupati.

"Saya tidak mau wacana ini hanya diucapkan saja, akan tetapi harus tetap di perjuangkan dan harus didiskusikan secara detail," kata Bupati mengakhiri.*

(PN)

TerPopuler