Gili Ketapang Gelar Petik Laut, Ini Pesan Moral Dandim 0820 Probolinggo

Rabu, 31 Mei 2023, 18:12 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Komandan Kodim (Dandim) 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto menghadiri pelaksanaan kegiatan petik laut di Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, Rabu (31/5).

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan bahwa kegiatan petik laut yang dilakukan oleh masyarakat Desa Gili Ketapang yang mayoritas bekerja sebagai nelayan tersebut sebagai bentuk syukur dan suatu tradisi yang sudah dilaksanakan secara turun temurun.

Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan tradisi petik laut merupakan warisan leluhur nenek moyang yang harus bisa melestarikannya, kegiatan petik laut ini tidak semata-mata ritual adat namun ada segi ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat.

Rangkaian kegiatan dalam petik laut ini sangat positif karena merupakan salah satu upaya dalam melestarikan kekayaan budaya yang tentunya dapat menarik wisatawan asing dan domestik untuk datang ke Probolinggo.


"Kami sebagai satuan komando kewilayahan yang berada di Probolinggo wajib mendukung dan mensupport semua kegiatan yang positif yang ada di wilayah teritorial Kodim 0820/Probolinggo," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan apresiasi dan selamat atas rangkaian kegiatan dalam gelaran petik laut yang digelar oleh Pemdes Gili Ketapang yang mendapat dukungan penuh dari masyarakatnya.

"Semoga ke depan, acara seperti ini bisa berkembang menjadi obyek wisata yang akan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal, maupun nasional bahkan wisatawan manca negara yang saat ini sudah banyak melirik ke destinasi yang ada di wilayah Probolinggo," tandasnya.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler