Hadiri Halal Bihalal, Buya Muzammil Sampaikan Ini...

Sabtu, 13 Mei 2023, 12:21 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWSPasuruan - Halal bihalal yang diselenggarakan oleh LP Maarif Kota Pasuruan bertempat di SD NU Unggulan Bangilan Pasuruan dengan dihadiri oleh para Kepala Sekolah Madrasah di lingkungan LP Maarif Kota Pasuruan dengan tema membangun sekolah dan madrasah berbasis digital sebagai program unggulan LP Maarif.

Dalam kesempatan tersebut, hadir H. Muzammil Syafi'i yang akrab disapa Buya Muzammil selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Timur sekaligus praktisi pendidikan.

Dalam arahannya menyampaikan, bahwa menuju sekolah dan madrasah berbasis digital perlu melakukan literasi terlebih dahulu pada para guru guru, dengan melakukan langkah langkah. Pertama, berani berlangganan koran, jurnal, dan majalah. Buku buku digital di internet.

Kedua, guru guru NU harus berani membeli dan mengkoleksi buku di luar buku buku pelajaran sekolah dan juga di perpustakaan digital. Ketiga, membiasakan dengan berani menulis di media massa, jurnal, atau buku.


Keempat, membentuk komunitas literasi di sekolah sekolah NU. Kelima, memberikan kesejahteraan dan reward yang layak kepada mereka yang memiliki karya tulis; buku, artikel, jurnal.

"Kelemahan kita bidang literasi antara lain, pertama, kurangnya dukungan atau keterlibatan keluarga dalam membangun budaya membaca di rumah, sehingga anak-anak tidak terbiasa menjadikan buku sebagai rujukan untuk mendapatkan informasi," kata Buya Muzammil, Sabtu (13/5) siang.

Lanjut Biya. Kedua, akses buku yang berkualitas belum merata di sejumlah daerah. Anak-anak tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan referensi buku yang beragam. Ketiga, budaya literasi tidak hanya tentang tata kelola buku di perpustakaan, dalam hal ini masyarakat belum sepenuhnya mengambil peran untuk meningkatkan ekosistem literasi yang produktif bagi anak-anak. Keempat, pemerintah dinilai belum mampu mengembangkan program literasi berbasis gerakan dan digital.

Berharap kedepan, Maarif lebih optimal dalam mengembangkan literasi digital kepada guru badan murid di lingkungan Sekolah NU.*

(Fiq)

TerPopuler