Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pamayun Hadiri Dharma Shanti Penyepian Tahun Baru Caka 1945 di Jembrana

Sunday, May 7, 2023, 08:29 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Peradah Jembrana, melaksanakan Dharma Santhi Penyepian Tahun Baru Caka 1945, dihadiri Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pamayun bersama Para Sulinggih, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, pada Sabtu (6/05/2023).

Hadir sebagai Pendharma Wacana yaitu Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pamayun, Para Sulinggih, Bupati Jembrana, Kapolres Jembrana, Ketua PHDI Jembrana, Sekda, Ketua DPRD Jembrana, jajaran OPD serta Pengurus dan anggota DPK Peradah Jembrana.

Dharma Santi merupakan rangkaian terakhir dari seluruh kegiatan peringatan Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu, dimana tahun ini mengangkat Tema “Peranan Generasi Muda Dalam Mensukseskan Jembrana Generasi Emas 2026 Melalui Dharma Agama dan Dharma Negara".

Dalam sambutannya, Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pamayun menyampaikan, bahwa pelaksanaan Dharma Santhi pada hari yang baik ini, diperlukan peran generasi muda, dalam menyongsong Jembrana Emas 2026.

Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pamayun juga mengakui, sangat mendukung Pemerintahan Bupati I Nengah Tamba, yang benar-benar bergerak, berinovasi demi memajukan Jembrana pada khususnya.

Di samping itu, Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pamayun, memberikan petuah  penyejuk bagi umat Hindu, serta wejangan-wejangan mengenai sejarah keberadaan Umat Hindu di muka bumi.

Sementara, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, mengawali sambutan dengan mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada Ida Shri Bhagawan serta Para Sulinggih yang bisa hadir pada acara Dharma Santhi.

Selanjutnya, mengenai peranan dari generasi muda, menurut Nengah Tamba sangat besar, dalam mendukung kemajuan Jembrana. "Saya sangat bangga, panitia penyelenggara Dharma Shanti merupakan bagian dari Yowana anak- anak muda di Kabupaten Jembrana," pungkasnya.


Menyinggung keberadaan Umat Hindu yang ada di tanah Jawa, Nengah Tamba, mengatakan, sangat mendukung dan memberikan satu semangat, bahwa Pemerintah Kabupaten Jembrana masih peduli terhadap mereka.

Ketua DPK Peradah Indonesia Kabupaten Jembrana, A.A.B Hendra Sugihantara Putra mengungkapkan, pelaksanaan Dharma Santhi tahun ini menjadi momentum luar biasa, karena dilaksanakan pada tahun pertama kepengurusan dalam DPK Peradah Jembrana masa Bhakti 2023-2026.

"Pergerakan Pemuda Hindu saat ini harus lebih terarah, agar bisa menjadi barometer untuk pergerakan pemuda lainnya, terutama pemuda Hindu di Jembrana," ungkapnya.

Disisi lain, Ketua Pelaksana Dharma Santhi, Luh Putu Diah Puspayanthi menyampaikan, Dharma Santhi Penyepian Tahun Baru Caka 1945, dilaksanakan Pemkab Jembrana, PHDI dan Peradah Jembrana sebagai motor penggerak.

"Adapun tujuan dilakukannya kegiatan Dharma Santhi yaitu untuk memperkuat solidaritas persaudaraan antar umat Hindu dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Jembrana," jelasnya.

Peradah Jembrana mengambil andil sebagai pelaksana teknis, menurut Puspayanthi, untuk membuktikan bahwa Pemuda Hindu sebagai generasi penerus, mampu dan bisa, menjadi ujung tombak pembangunan daerah, menuju Jembrana Emas 2026.

Pada acara Dharma Santhi tersebut, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para juara Lomba Ogoh-Ogoh Nyepi Caka 1945 dan Ongkara Festival.*

(Made Budi)

TerPopuler