Ketua Fraksi Golkar DPRA Bawa Rp. 22 Miliar Dana Reguler di Dapil 8

Friday, May 19, 2023, 10:18 WIB
Oleh Redaksi

Foto : Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Aceh H. Ali Basrah, S.Pd., M.M.


SNIPERS.NEWS | Aceh - Ketua Fraksi Partai  Golkar DPR Aceh Dapil 8 (Aceh Tenggara - Gayo Lues) H. Ali Basrah, S.Pd., M.M., tahun ini mampu membawa anggaran dana reguler mencapai Rp. 22 Miliar untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Aceh Tenggara dan Gayo Lues.

Ali Basrah, S.Pd., M.M., sebagai Anggota Komisi IV DPR Aceh menyebutkan, dirinya telah perjuangkan dana reguler APBA di luar dana pokok pikiran (Pokir) miliknya.

Dirincikan, Jalan Muara Situlen - Gelombang Rp. 11 Miliar, Daerah Irigasi Lawe Bulan sebesar Rp. 7,3 Miliar yang tersebar di beberapa titik, Daerah Irigasi Kuta Tinggi Rp. 1,8 Miliar, dan Daerah Irigasi Air Sejuk Blang Pegayong, Gayo Lues Rp. 2 Miliar. 

Menurut Ali Basrah yang juga mantan Wabup Agara itu, ruas Jalan Muara Situlen - Gelombang merupakan urat nadi perekonomian masyarakat pedalaman Kecamatan Leuser. 

Masyarakat di daerah itu mayoritas 86 persen petani dalam arti luas. Selama ini, mereka kesulitan mengangkut hasil bumi seperti sawit, jagung, kemiri dan komoditi andalan lainnya untuk dipasarkan, apalagi di musim penghujan hasil bumi terancam busuk. 

"Tetapi Alhamdulillah, sekarang apa yang menjadi keluhan masyarakat petani Leuser sudah bisa teratasi dengan adanya alokasi dana Rp. 11 miliar secara bertahap," ujarnya.

Kepada Pemkab Agara, Ali Basrah berharap, yang menjadi ruas jalan kabupaten harus diperhatikan di Kecamatan Leuser, agar singkron dengan ruas jalan Provinsi Aceh di Kecamatan Leuser. Sehingga, petani disana perekonomian menjadi sejahtera dan makmur.

"Kita juga memikirkan membangun irigasi, agar ketersediaan air bagi petani sawah, perikanan serta banjir bisa secara terasi di daerah itu," ungkap Ali Basrah, yang telah selesai mendaftarkan dirinya kembali sebagai Bacaleg DPR Aceh dari Partai  Golkar Aceh Tenggara Dapil 8.

Ditambah Ali Basrah, dana Pokirnya ada dialokasikan ke Kabupaten lain di Aceh, ini merupakan aspirasi teman - teman di DPD  Golkar, yang mengusulkan kepada dirinya sebagai Ketua Fraksi Golkar DPR Aceh yang juga Sekretaris DPD Golkar Aceh. Misalnya seperti Aceh Timur, dimana tak ada satu kursi legislatif yang duduk dari Partai  Golkar di DPRK maupun DPR Aceh.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Aceh Tenggara yang juga Pengamat Kebijakan Publik Aceh Dr Nasrulzaman, memberikan apresiasi terhadap kinerja dan terobosan Ali Basrah sebagai wakil rakyat Dapil 8, yang telah memperjuangkan dana reguler di dapil nya. 

"Ini menunjukkan, bahwa beliau telah benar-benar bekerja dan berjuang demi kepentingan masyarakat umum yang selama ini menderita akibat jalan rusak di Kecamatan Leuser," kata Nasrulzaman.

Nasrulzaman berharap kepada Pj Gubernur Aceh, Komisi V DPR RI, agar ruas Jalan Provinsi Muara Situlen-Gelombang dapat menjadi perhatian serius Pj Gubernur Aceh, agar jalan Muara Situlen - Gelombang ini benar -benar terwujud.

Ini merupakan aspirasi masyarakat di Subulussalam dan Aceh Tenggara, agar ada jalan tembus Aceh Tenggara-Subulussalam melalui rute ruas Jalan Muara Situlen-Gelombang.

"Apalagi beberapa mantan pejabat Bupati/Wabup Aceh Tenggara, Gubernur Aceh telah menggagas jalan di daerah itu dapat dilalui kendaraan tembus hingga ke Kota Subulussalam," jelas Nasrulzaman.*

(Dalisi)

TerPopuler