KIP Aceh Tenggara Resmi Buka Pendaftaran Calon Anggota DPRK

Tuesday, May 2, 2023, 06:48 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara (Agara) telah membuka pendaftaran pengajuan bagi calon Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) daerah setempat. Sekitar 30 kursi diperebutkan pada Pemilu 2024. 

Ketua KIP Aceh Tenggara Safri Desky mengatakan, tahapan pengajuan calon DPRK itu dilakukan kurang lebih dua pekan, yakni sejak hari ini Senin 1 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023 mendatang.

"Tahapan pengajuan calon DPRK sudah dibuka mulai hari ini, melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon)," kata Ketua KIP Aceh Tenggara Safri kepada media, Senin 1 Mei 2023. 

Dikatakan Safri, setelah pendaftaran pengajuan calon DPRK oleh partai di aplikasi Silon, pihak partai akan kembali menyerahkan hard dick pengajuan calon DPRK dari partai kepada pihak KIP setempat.

Menurut Safri, tahapan pengajuan calon DPRK ini dilakukan setelah adanya pengumuman pengajuan bakal calon DPRK, yang diumumkan pada 24 sampai 30 April 2023 lalu.  

Safri juga memaparkan, ada 30 kursi DPRK yang akan diperebutkan oleh calon DPRK baik dari partai nasional dan lokal pada pemilu legislatif 2024 di Aceh Tenggara. Jumlah kursi tersebut, kata Safri, berasal dari lima Daerah Pemilihan (Dapil) telah ditetapkan dan terdiri dari 16 wilayah kecamatan yang ada di daerah setempat.  

"Adapun jumlah kursi DPRK di setiap dapil yaitu, untuk Dapil 1 dan 2 masing-masing tujuh kursi. Kemudian, Dapil 3 dan 4 masing-masing sebanyak lima kursi dan terakhir di Dapil 4 sebanyak enam kursi," tutup Safri.*

(Ar Malek)

TerPopuler