Kodam Pattimura Terima Sosialisasi Perpang No. 77 Tahun 2022 Dari Mabes TNI

Selasa, 30 Mei 2023, 23:26 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Rencana Rinci Wilayah pertahanan (RRWP) sebagai alat operasional Rencana Wilayah Pertahanan (RWP) merupakan suatu kebutuhan aktual yang sangat urgen bagi satuan TNI di pusat maupun di daerah, untuk mensinkronisasikan kepentingan pertahanan negara dalam penyusunan, peninjauan kembali maupun revisi tata ruang nasional, tata ruang daerah provinsi maupun kabupaten/kota.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kodam XVI/Pattimura menerima Sosialisasi Peraturan Panglima TNI Nomor 77 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Rinci Wilayah Pertahanan di Lingkungan TNI Tahun 2023, bertempat di Ruang Yudha Lantai 3 Makodam XVI/Pattimura, Selasa (30/05/2023).

Adapun rombongan Tim Sosialisasi Perpang TNI No 77 Tahun 2022 yaitu Mayjen TNI Ramses Lumban Tobing, S.T., (Pa Sahli TK III Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI) selaku Ketua Tim, Kolonel Pnb Joko Tribowo, S.E., M.S., Kolonel Adm Prasetyo Herminto, S.I.P., M.A.P., Letkol Adm Jusak B Salamate, S.T., M.Si, Letkol Cba M Kasim Lamazi, S.E., M.M. dan PNS Gol III C Agoes Boediharjo.  

Acara sosialisasi tersebut diikuti personil perwakilan dari satuan jajaran teritorial daerah masing-masing matra di Provinsi Maluku secara tatap muka (Makodam), dan Maluku Utara secara virtual dari satuan masing-masing.


Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi mengucapkan selamat datang kepada tim sosialisasi dari Mabes TNI serta mengucapkan terima kasih atas kunjungannya di Kodam XVI/Pattimura.

"Jadikan kegiatan ini sebagai bekal bagi para pejabat yang membidangi tentang penataan wilayah pertahanan khususnya RRWP di wilayah, agar sinkron dengan penataan wilayah di daerah," ucap Pangdam kepada peserta sosialisasi. 

Senada, Aster Panglima TNI dalam amanat yang dibacakan Ketua Tim Mayjen TNI Ramses Lumban Tobing mengatakan, Pedoman penyusunan rencana rinci wilayah pertahanan tersebut, diprakarsai oleh Ster Mabes TNI bersama Sterad (TNI AD), Spotmar (TNI AL), Spotdirga (TNI AU) dan Badan Pelaksana Pusat Mabes TNI dan Angkatan.

"Berkaitan dengan hal tersebut, Ster Mabes TNI berharap, untuk pejabat yang membidangi dalam penataan wilayah pertahanan, agar lebih fokus dalam merencanakan serta mendukung pembangunan di wilayah terutama berkaitan dengan penyiapan RRWP TNI, sehingga akan dapat menghadapi setiap kemungkinan ancaman militer yang terjadi," ujar Aster Panglima TNI.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler