Masuk 75 Besar ADWI 2023, Desa Wisata Manistutu Jembrana Miliki Aneka Paket Wisata

Monday, May 15, 2023, 19:27 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Desa Wisata Manistutu berlokasi di Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, masuk 75 besar Nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Disamping memiliki keindahan alam dan lingkungan yang sangat asri, Desa Wisata Manistutu juga menawarkan aneka ragam Paket Wisata, yang bisa dinikmati oleh Wisatawan yang berkunjung.

Paket Wisata yang dimiliki Desa Wisata Manistutu antara lain, Wisata Sejarah, Wisata Religi, Konservasi Hutan, Wisata Adventure, Kesenian Khas Daerah dan juga menawarkan beragam produk UMKM, mulai dari Kuliner, Fashion, serta Kria.

Memiliki potensi untuk menjadi salah satu Desa Wisata terbaik, menurut Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua selaku Juri Desa Wisata menilai persiapan SDM di Jembrana sudah siap dalam menyambut lonjakan Wisatawan yang akan datang berkunjung ke Jembrana.


"Bagusnya Sumber Daya Manusia yang ada disini sepertinya sudah siap dan pihaknya melihat potensi itu, saya pikir bisa berkembang dan menjadi salah satu juara," kata Indra Ni Tua

Hal tersebut diungkapkannya saat berkunjung langsung sebagai tim juri Kemenparekraf di Desa Wisata Manistutu, tepatnya di Manistutu Camping Ground (Mantu Ca Ger), Senin (15/5/2023).

Indra Ni Tua juga mengatakan, Desa Wisata Manistutu memiliki potensi yang sangat menarik sebagai destinasi wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, religi maupun wisata budaya.

"Ini potensi yang akan pecah nanti, ketika konektifitas terhubungkan jalan tol nanti, kenapa kita katakan seperti itu, kita belajar dari jalan tol di Pulau Jawa, begitu terhubungkan dari ujung barat dan ujung timur, di tengah-tengah itu menjadi kebangkitan 20 juta orang wisatawan, disini pun begitu nanti," ucapnya.


Sementara Bupati Jembrana, Nengah Tamba mengungkapkan akan terus berusaha mengembangkan pariwisata di Jembrana yang tentu akan berdampak dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Destinasi ini menjadi bagian ekosistem dari pada pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Jembrana, memiliki nilai jual dan membawa dampak kunjungan wisata yang berujung kepada peningkatan perekonomian masyarakat," ujar Tamba.

Nengah Tamba sangat mengapresiasi semangat masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Manistutu, dan pihaknya berharap Desa Wisata manistutu menerima hasil yang terbaik.

"Saya sebagai Bupati Jembrana tentu mengharapkan yang terbaik, namun dibalik itu semua saya sangat mengapresiasi semangat masyarakat disini yang begitu besar dalam pengembangan Desa Wisata," pungkasnya.*

(Made Budi)

TerPopuler