Mengenang Guru Jason Saragih Pelopor dan Tokoh Pendidik Simalungun di Hardiknas

Wednesday, May 3, 2023, 07:50 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama Forkopimda Ziarah ke Makam Tokoh Pelopor Pendidik Simalungun Guru Jason Saragih.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 Kabupaten Simalungun dipusatkan di lapangan Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Simalungun, Sumut, Selasa (2/5/2023).

Peringatan Hardiknas itu mengusung Tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar" dilaksanakan dalam suatu upacara nasional, yang ditandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan Hening Cipta, Pembacaan Teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Kegiatan ziarah dilakukan Kapolres dan Bupati bersama Wakil Bupati usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang bertajuk “Bergerak bersama semarakkan merdeka belajar” di halaman kantor Bupati Simalungun.

"Sudah sepantasnya lah kita menghormati sang pahlawan kita, sang pelapor dan guru pendidikan Kabupaten Simalungun. Sungguh luar biasa perjuangan Tuan Guru Jason Saragih saat itu. Kalau dulu, Tuan Guru Jason mungkin sekolahnya tidak menetap, jika dibanding dengan anak-anak saat ini," kata Kapolres Simalungun.


AKBP Ronald mengatakan, Tuan Guru Jason belajar sampai ke kampung-kampung, ke huta-huta dengan jalan kaki, namun anak sekarang pergi sekolah naik angkot, duduk dan sampai ke sekolah. "Dan pada tahun 1911 saya kira belum ada kendaraan bermotor saat itu, sudah sepantasnya kita menghormati sang pahlawan, sang pelapor, sang guru pendidikan Kabupaten Simalungun," terangnya.

"Kita bayangkan perjuangan beliau (Tuan Guru Jason Saragih) pada tahun 1911, saya kira jalan dari Siantar ke Tingarunggu mungkin belum ada aspal saat itu. Mungkin masih jalan setapak saat itu," ungkap Kapolres.

Kapolres mengajak masyarakat untuk menjadikan perjuangan Tuan Guru Jason Saragih sebagai motivasi untuk selalu belajar. Perjuangan Tuan Guru Jason Saragih merupakan motivasi bagi masyarakat, terutama generasi muda, untuk lebih giat belajar, lebih fokus dan lebih meningkatkan lagi gairah belajarnya.

"Mungkin tanpa Tuan Guru Jason, saya kira kita akan terbelakang saat ini. Banyak sudah para pendiri Simalungun yang berhasil melalui didikan Tuan Guru Jason, termasuk juga mantan Bupati Simalungun Tuan Madja dan Bupati Radjamin Purba, itu anak didik Tuan Guru Jason," sebut AKBP Ronald.

Saat ziarah tampak hadir Bupati dan Wakil Bupati bersama Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, mewakili Ketua PN Simalungun Amiruddin, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, sejumlah pejabat tinggi Pratama dilingkungan Pemkab Simalungun, Forkopimcam Raya, pengurus TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Pemkab Simalungun serta para pelajar dan undangan lainnya.*

(PN)

TerPopuler