Mengukur Kemampuan Kesemaptaan Personel, Kodim 1619/Tabanan Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

Monday, May 22, 2023, 21:35 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Dalam rangka menjaga dan meningkatkan serta mengukur kemampuan fisik Personel baik TNI maupun PNS, Kodim 1619/Tabanan melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun 2023 yang di uji langsung oleh Tim Kajasrem 163/Wira Satya, Kapten Kav I Wayan Sudiarta.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Gor Debes Tabanan Banjar Gerokgak Gede Desa Delod Peken Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan, Senin (22/5/2023).

Pelaksanaan kesemaptaan jasmani yang diujikan meliputi kesemaptaan “A” dengan melaksanakan lari selama 12 menit dan kesemaptaan B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shuttele Run serta uji ketangkasan Renang.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., mengatakan, Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI, yang dilaksanakan dua kali dalam setahun.


"Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan jasmani personel baik militer maupun PNS Kodim 1619/Tabanan," kata Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P.

Selain itu, Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., juga menegaskan, bahwa Tes ini akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam Pembinaan Karier Prajurit dan menjadikannya tolak ukur untuk mempersiapkan fisik dan jasmani bagi yang akan melaksanakan pendidikan.

"Untuk itu diharapkan seluruh personel Kodim 1619/Tabanan dalam pelaksanaanya dapat bersungguh - sungguh dengan tetap mengutamakan unsur faktor keamanan dan sebelum pelaksanaan tes samapta terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan tensi tekanan darah oleh tim kesehatan RST Singaraja, dengan diadakan pengecekan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan seluruh personel, bisa atau tidaknya mengikuti kesamaptaan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

"Sehingga hasil akhir dari pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani yang rutin dilaksanakan ini adalah terciptanya kondisi fisik yang prima bagi seluruh personel Kodim 1619/Tabanan sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok dengan baik karena semakin ke depan tugas kita akan semakin berat dan hal tersebut membutuhkan kondisi fisik yang prima," pungkasnya.*

(Arifin)

TerPopuler