Pangdam XVI/Pattimura Hadiri Pembukaan TMMD Ke-116 di Kei Besar Malra

Thursday, May 4, 2023, 16:19 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tual - Upacara  pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun Anggaran 2023 dihadiri langsung Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Wakatran, Ohoi Depur, Rabu (03/05/2023).

Sementara penandatanganan naskah berita acara TMMD dilakukan oleh Letkol Inf Kadek Muliarsa (Dandim 1503/Tual), selaku Dansatgas TMMD Ke-116 TA 2023 Kodim 1503/Tual. 

Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun selaku inspektur upacara resmi membuka TMMD Ke-116 tahun 2023. 

Kegiatan dibuka dengan pemeriksaan pasukan, pembacaan laporan kesiapan, penandatanganan naskah berita acara, penyamatan tanda peserta dan penyerahan Toolkit TMMD ke-116 Ta. 2023 secara simbolis oleh Irup Pembukaan TMMD kali ini, ditandai dengan peletakan batu pertama Pembangunan Rumah (Korban konflik) di Ohoi Ngurdu oleh Gubernur Maluku. 

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam XVI/Pattimura mengatakan, program TNI Manunggal Membangun Desa adalah kelanjutan Program ABRI Masuk Desa (AMD), yang telah dimulai sejak tahun 1980. 


Selama 43 tahun, program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Lembaga Pemerintah Kementerian dan Non Kementerian serta komponen masyarakat ini, telah dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat. 

"Ada dua tempat pelaksanaan TMMD di wilayah Kodam XVI/Pattimura, yaitu di Kodim 1503/Tual dan Kodim 1512/Weda, sasarannya pun bukan hanya fisik saja namun juga non fisik, mudah-mudahan kehadiran Bapak Gubernur, Saya dan Forkopimda lainnya dapat memberikan semangat kepada semua pihak yang terlibat TMMD 116 Tahun 2023," ujar Pangdam. 

Tidak lupa Pangdam juga memberikan apresiasi kepada stakeholder, yang turut berpartisipasi dalam kegiatan lintas sektoral ini. 

Setelah menghadiri upacara pembukaan TMMD ke 116 Ta. 2023, Pangdam XVI/Pattimura mendampingi Gubernur dan Forkopimda Maluku meninjau prosesi perdamaian (rekonsiliasi) konflik horizontal yang terjadi beberapa waktu lalu antara Warga Hoar Ngutru dan Warga Ohoi Elat.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler