Partogam Sumut Gelar Rapat secara Virtual, Marga Manullang Harus Kompak dan Optimis

Wednesday, May 17, 2023, 12:53 WIB
Oleh DELINEWS NETWORK


SNIPERS.NEWS | Medan - Rapat koordinasi (Rakor) pengurus Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Sumatera Utara terlaksana dengan baik, Selasa (16/5/2023).

Rakor yang dimulai sejak pukul 18.00 hingga 19.00 WIB dilaksanakan secara virtual, diikuti pengurus Partogam Sumatera Utara (Sumut), Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan wilayah Kabupaten Toba.

Rapat dibuka oleh Ketua Umum Partogam Sumut, Dr. Sanco Simanullang, Sekretaris Umum Bontor Simanullang, didampingi Bendaraha Umum Portim Simanullang, dan Kabid Humas Infokom Bonni T Manullang.

Langkah Partogam menggelar rapat ini menyatukan persepsi dan komitmen bersama untuk membesarkan keturunan marga Manullang. Pada pembahasan tersebut pengurus Partogam Humbahas dijadwalkan akan menggelar rapat pada 20 Mei 2023 di Tabodo Coffee.

Dalam rapat virtual itu juga dibahas tentang pembentukan Partogam di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara untuk saling berkontribusi dan berperan aktif menyusun yang direncanakan maupun tengah berjalan di daerah masing-masing.

Ketua Umum Partogam Sumut, Dr Sanco Simanullang melalui Sekum Bontor Simanullang saat membuka rapat menyampaikan topik kali ini mengangkat tema untuk memantapkan visi misi serta program Partogam menuju marga Manullang yang maju dan sejahtera.

"Untuk pembentukan Partogam di Kabupaten/Kota kita harus satu persepsi, meskipun pertemuan masih digelar lewat grup WA dan virtual sehingga kemungkinan informasi, diskusi dan masukan belum tersampaikan secara utuh kepada keturunan marga Manullang yang ada di seluruh daerah di Provinsi Sumatera Utara," kata Sekum Bontor Simanullang.

Ketua Umum Partogam Sumut, Dr. Sanco Simanullang menyampaikan kepada seluruh pengurus Partogam Sumut dan Kabupaten/Kota yang sudah terbentuk supaya tidak lelah berkerja keras serta berjuang untuk mewujudkan pembentukan Partogam daerah lain. Seperti Kabupaten Toba, Tabagsel, Sibolga, dan Kabupaten Humbang Hasundutan telah terbentuk.

"Sudah banyak perkembangan sejak pembentukan kabupaten-kabupaten. Visi misi Partogam adalah untuk memberikan kesejahteraan dalam kehidupan sehari-hari di seluruh sendi-sendi kehidupan. Tujuan Partogam ini bukan untuk tertentu saja, namun melayani keturunan Toga Manullang demi kesejahteraan," ungkap Sanco.

Sanco menyampaikan pesan khusus kepada pengurus Partogam Humbahas agar bisa menjadi role model, panutan, teladan dan percontohan bagi Partogam di Sumatera Utara. 

Ketua Formateur Partogam Humbahas, Dr. Pardomuan Simanullang melalui Maradu Simanullang didampingi Sekretaris Maju Simanullang mengatakan terima kasih kepada pengurus Partogam yang telah terbentuk. Dia menyambut positif dan senang atas pembentukan Partogam Sumatera Utara dan daerah lain.

"Baru tanggal 4 Mei 2023 membentuk grup Partogam, 20 Mei akan rapat perdana dan saya yakin akan besar Partogam di Humbahas. Banyak yang mau dan bersedia, sebagai generasi muda kita harus optimis kalau kita bersatu pasti bisa," kata Maradu yang juga Sekretaris Generasi Muda Sirajaoloan itu.

Selain itu, Sekretaris Formateur Partogam Humbahas Maju Simanullang mengungkapkan untuk tanggal 20 Mei 2023 pada rapat perdana di Humbahas akan resmi menyurati undangan pomparan Toga Manullang boru bere, ibebere di Kabupaten Humbahas dalam kegiatan tersebut. 

"Kita optimis, untuk tanggal 20 Mei 2023 harus betul-betul mendapatkan figur-figur yang akan mampu mengangkat Partogam di Humbahas. Meski agak sulit tetapi kita para pengurus harus optimis menginfirmasikan kepada dongan tubu (rekan-rekan), khususnya ke generasi muda. Jadi harapan kita semua supaya saling menginformasikan ke seluruh marga Manullang di Kabupaten Humbahas," ujarnya optimis.

Sebagaimana diketahui, visi Partogam adalah untuk mewujudkan tingkat kesejahteraan keturunan marga Simanullang (anak, boru, bere, Ibebere) yang lebih baik melalui kualitas manusia yang lebih tinggi, peningkatan ekonomi, dan semua bidang menjadi marga terbaik dari kekuatan marga Batak dan Indonesia.

Untuk misi Partogam Sumut ada tiga, antara lain;
1. Pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Mendorong pembangunan ekonomi warga Partogam secara berkelanjutan.
3. Pemantapan tata kelola dan ketahanan organisasi.

Turut hadir dalam rapat koordinasi secara virtual, Ketua Formateur Partogam Humbahas, Dr. Pardomuan Simanullang, Sekretaris Maju Simanullang, Maradu Simanullang, Adnan Simanullang, Tion Silaban dan masih banyak lagi. Rakor tersebut di awali dan diakhiri dengan doa bersama.

Sebelumnya, panitia pembentukan Partogam (Parsadaan Toga Manullang) tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara akhirnya terbentuk.

Pembentukan itu di gelar di Simpang Bakara rumah kediaman penasehat Partogam Sumatera Utara, MPR. Manullang pada Senin (15/5/2023) lalu.

MPR. Manullang yang juga mantan Kepala Dinas Perhubungan dan Satpol PP Humbahas tersebut menyambut baik bangkitnya kesatuan Pomparan marga Simanullang di Humbahas.

"Ini yang sangat ditunggu-tunggu, ayo kita bersatu, untuk maju kedepan," ujarnya. (BTM).*

TerPopuler