Polres Buleleng Bersama Forkompinda Tanam Ribuan Pohon Bakau di Gerokgak

Monday, May 15, 2023, 21:08 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Buleleng - Jajaran Kepolisian dan TNI secara serentak melaksanakan penghijauan hutan mangrove dengan melakukan penanaman pohon/bibit bakau disepanjang pesisir Pantai yang ada di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak Buleleng, Senin (15/05/2023).

Penghijauan hutan Mangrove yang dilaksanakan kali ini merupakan gerakan Penanaman mangrove nasional, dengan maksud dan tujuan untuk memulihkan kondisi alam yang tandus dan kering sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan merawatnya. 
 
Polres Buleleng  bersama-sama dengan unsur forkompinda Kabupaten Buleleng yang dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Buleleng, Komandan Kodim1609/Buleleng Letkol Arh Tamaji, S.Sos., Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., serta unsur Forkompincam Gerokgak dan masyarakat Desa  Pemuteran serta satgas peduli lingkungan,  melaksanakan penanaman pohon bakau sebanyak 5.000., pohon bakau. 

"Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius seperti pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna," katanya.


"Untuk itu diperlukan pemeliharaan hutan yang baik dan lahan yang ditumbuhi pepohonan yang cukup, sehingga berfungsi melindungi bagi lahan di sekitarnya yang menjadikan subur, kelembaban tanah, udara dan iklim dapat terjaga dengan baik," sambung Kapolres Buleleng. 

Lebih lanjut disampaikan Kapolres, "manfaat hutan mangrove bagi kehidupan, akan menyerap semua jenis logan berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih, selain itu mangrove juga membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih," ucapnya.

“Kawasan hutan mangrove juga bisa dikembangkan menjadi salah satu objek wisata," imbuhnya. 

Kawasan hutan mangrove yang tanamannya dari pohon bakau juga dapat melindungi pantai dari erosi, melindungi dataran dari hempasan ombak secara langsung serta dapat berfungsi juga sebagai satu mata rantai makanan, dimana tanaman ini berperan sebagai produsen, disukai ikan-ikan kecil dan juga kepiting," pungkas Kapolres.*

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler