Proyek PT. PRIA di Tegalbadeng Barat Mangkrak, Begini Keterangan Perbekel !

Jumat, 26 Mei 2023, 22:22 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Proyek pabrik pembuatan batako, yang rencananya akan dibangun oleh PT. Putra Restu Ibu Abadi (PRIA) di Desa Tegalbadeng Barat, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, mangkrak dan sementara tidak melakukan kegiatan.

Menurut Perbekel Tegalbadeng Barat I Made Sudiana, saat ditemui Jumat (26/5/23), mengatakan masih menunggu info lebih lanjut dari pihak terkait, karena ada rencana mediasi oleh Dinas Perijinan di Kantor Desa. 

"Itupun hasil dari pertemuan di Dinas Perijinan 20 hari yang lalu, dan untuk sementara kegiatan pemerataan dan proses pembangunan dihentikan oleh Pol PP selaku penegak Perda," jelasnya.

Hampir genap 3 minggu setelah warga melakukan demo penolakan yang terjadi, menurut informasi karena khawatir akan pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), tidak sesuai dengan keterangan dari pihak PT. PRIA saat sosialisasi di desa, bahwa limbah dari batubara bukan tergolong limbah B3.

"Namun setelah di cek oleh salah satu warga, ternyata tergolong limbah B3 dan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang digunakan untuk pengurusan ijin itu terdapat kegiatan menimbun dan mengolah B3, sehingga menambah kekhawatiran warga," pungkasnya.


Made Sudiana mengungkapkan, saat ini tidak ada dilakukan penyegelan terhadap bakal bangunan tersebut, melainkan kegiatannya diberhentikan sementara.

"Kalau penyegelan tidak ada, tetapi kegiatannya sementara diberhentikan, jadi artinya pemilik dihimbau untuk melakukan pengurusan ijin yang diperlukan," katanya

Masalah perijinan jika nantinya bisa berlanjut, menurut Sudiana, selanjutnya akan dilakukan komunikasi dengan warga penyanding atau warga yang mengatasnamakan subak, yang kemarin telah memberikan pernyataan untuk menolak.

Sementara, mengenai Ijin Mendirikan Bangunan, Made Sudiana juga menjelaskan, bahwa semua masih dalam proses, karena banyak tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Perbekel Made Sudiana mengungkapkan, ke depan dirinya tetap berkomitmen menjaga kondusifitas di Desa Tegalbadeng Barat.*

(Made Budi)

TerPopuler