Wujud Reward And Punishment, Pangdam Pattimura Berikan Penghargaan Kepada Dua Orang Prajurit

Kamis, 04 Mei 2023, 16:25 WIB
Oleh Redaksi


SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa memberikan penghargaan kepada dua orang anggotanya yang berprestasi. Penyerahan piagam dan uang pembinaan dilakukan di Kodim 1503/Tual dan Kodim 1506/Namlea, yang merupakan tempat kedua prajurit tersebut bertugas, Rabu (03/05/2023).


Penyerahan penghargaan kepada anggota Kodim 1503/Tual, diberikan langsung oleh Pangdam di Makodim 1503/Tual saat melaksanakan Kunker di Malra.


Sedangkan untuk anggota Kodim 1506/Namlea, penyerahan penghargaan diwakili oleh Dandim 1506/Namlea Letkol Arh Agus Nur Fujianto di Makodim 1506/Namlea.


Dua prajurit yang menerima penghargaan tersebut yaitu, Kopka M. Isro Tuatubun sebagai Babinsa Desa Mastur Baru Koramil 1503-01/Tual Kodim 1503/Tual, yang mendapat penghargaan karena telah berhasil membantu kesulitan rakyat disekitarnya, dengan mendistribusikan air bersih di desa Mastur Baru Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten  Malra.


Dan Serka Abdurrahim Marjan sebagai Babinsa Desa Parbulu Koramil 1506-04/Waeapo Kodim 1506/Namlea, karena teguh dalam menjalankan tugas dan mampu mengendalikan diri serta tidak terpancing emosi dalam menyelesaikan masalah.


Sosok Kopka M. Isro Tuatubun adalah seorang Babinsa yang memiliki jiwa kepedulian yang sangat tinggi terhadap warga binaanya. Ia Berdinas di wilayah Desa Mastur Baru, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten  Maluku Tenggara, yang sulit untuk mendapatkan air bersih. Hal tersebut menggugah hatinya untuk membantu akses air bersih bagi warga khususnya, selama bulan Ramadhan kemarin.


Kopka M. Isro Tuatubun menceritakan, dirinya bersama berapa warga rela keluar masuk hutan untuk mengambilkan air bersih dengan menggunakan mobil tangki penampungan air setiap dua hari sekali sebanyak 2 Ton air.


"Ini memang betul dari hati nurani saya untuk membantu masyarakat binaan saya, yang kesulitan memperoleh air bersih apalagi di bulan Ramadhan," ujar Koptu Isro Toatubun.



Sedangkan, Serka Abdurahim Marjan adalah sosok seorang Babinsa yang dikenal tegas dan disiplin dalam melaksanakan tugas, serta bijaksana dalam setiap mengatasi permasalahan.


Bertugas sebagai Babinsa, tentunya setiap hari ia bersentuhan langsung dengan masyarakat dan dituntut untuk selalu menjaga nama baik kala menjalankan tugas. Meski disaat menjalankan tugas terdapat banyak kendala, termasuk kesalahpahaman baik dengan warga binaan maupun aparat lainnya, namun ia selalu tenang dan sabar dalam menyelesaikan masalah.


Ia juga menyadari, bahwa tugas seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah membantu memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, serta membantu mengembangkan potensi desa melalui program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan TNI pasti akan menemui berbagai rintangan dan hambatan yang mana semua itu harus di hadapi dengan bijak.


Mendapat perhatian dan penghargaan dari Pangdam XVI/Pattimura, kedua Prajurit berprestasi ini tidak menyangka, namun merasa senang dan terharu, mereka bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pangdam. Karena Ini adalah sebuah perhatian yang besar dari seorang pimpinan. Dengan penghargaan yang diterima ini, tentunya mereka akan lebih ikhlas dan semangat dalam mengabdi kepada  masyarakat khususnya kepada TNI.


Dalam kesempatan tersebut, Pangdam menyampaikan, bahwa pemberian penghargaan kepada anggota berprestasi adalah salah satu wujud reward and punishment yang perlu dilakukan oleh seorang pimpinan kepada anak buahnya yang berprestasi maupun yang melanggar.


"Jika prajurit berprestasi, maka akan diberikan penghargaan. Begitu sebaliknya, jika prajurit melanggar akan diproses sesuai hukum yang berlaku," kata Pangdam.


"Penghargaan yang saya berikan kepada dua orang prajurit berprestasi ini, karena mereka berdua telah mengabdikan diri secara ikhlas kepada masyarakat dan mampu menahan dirinya dari sikap arogan," ujarnya.


"Melihat prajurit seperti ini tentunya pimpinan tidak akan tinggal diam, ini adalah salah satu teladan dan motivasi bagi seluruh anggota," pungkasnya.*


(ATM-MM)


Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler