Bambu Lemang Sering Diserbu Masyarakat Agara Saat Peringatan Dua Hari Besar Islam

Tuesday, June 27, 2023, 20:36 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Menjelang Lebaran Idul Adha 1444 H, masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), umumnya Suku Alas mulai berduyun-duyun datangi penjual bambu lemang disekitar Pajak Pagi, tepatnya di Desa Mbacang Lade Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa 27 Juni 2023.

Bambu yang terbilang khusus itu merupakan perlengkapan untuk memasak lemang, yang memang sudah menjadi tradisi turun menurun pada adat istiadat masyarakat Suku Alas.

Kebiasaan memasak lemang itu mereka lakukan dalam setahun ada dua kali, pertama dalam Perayaan Maulid Nabi Muhammad, SAW dan kedua menyambut Lebaran Idul Adha (Hari Raya Haji).

Bambu Lemang yang di jual di kawasan Pajak Pagi ini juga sudah menjadi tradisi, karena dalam penjualannya hanya ada 2 kali dalam 1 Tahun. Harganyapun sangat bervariasi, dari Rp. 25.000/Batang hingga Rp. 30.000/Batang, tergantung pada panjang dan besarnya ukuran bambu tersebut.

Dalam kesempatan ini, Awak Media Snipers.news bertanya kepada si penjual bambu, mengenai harga bambu yang dijualnya. Dirinya mengatakan, biasa harga normalnya bambu lemang dijualnya berkisar, Rp. 25.000/batang.

Dirinya mengatakan, kalau pembelian bambu lemang biasanya membludak dua atau sehari lagi Lebaran Idul Adha. "Hari ini sudah waktunya, pembeli sudah mulai ramai berdatangan untuk membeli bambu lemang," katanya.

Sementara itu, di lokasi pembeli Bambu Lemang, Ibu Dewi, warga Desa Kisam, Kecamatan Lawe Sumur mengatakan kepada Awak Media Snipers.news, dalam setahun ada dua kali membeli bambu untuk membuat Lemang makanan khas Alas. 

"Kita membeli bambu lemang setahun dua kali, pada saat perayaan Maulid Nabi SAW dan Hari Raya Idul Adha," ungkapnya.*

(Dalisi)

TerPopuler