Bupati Simalungun dan Bunda PAUD Wisuda 450 Santriwan/Wati TKA/TPA

Kamis, 15 Juni 2023, 09:51 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Sebanyak 450 santriwan/wati dari Taman Kanak-kanan Al-Qur’an/Taman Pengajian Al-Qur’an (TKA/TPA) di Kabupaten Simalungun, dibawah naungan Lembaga Pengembangan Pembinaan Taman Kanak-kanak Al-Qur'an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI) Simalungun di wisuda.


Pelaksanaan wisuda santriwan/wati ke XXIX Tahun Pelajaran 2022/2023 tersebut dilakukan oleh Bupati Simalungun diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umun Ruslan Sitepu bersama Bunda PAUD Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, di Tanah Lapang Toba Sari, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Simalungun, Sumut, Rabu (14/06/2023).


Wisuda santriwan/wati TK/TPA LPPTKA BKPRMI Kabupaten Simalungun itu diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran dirangkai dengan terjemahan dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Simalungun, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris oleh anak-anak yang di wisuda.


Kemudian wisuda itu juga ditandai dengan pemberian tropy kepada 41 anak santri berprestasi dari berbagai lembaga pendidikan TK/TPA. Sebelumnya, anak anak berprestasi tersebut diuji kemampuannya dengan hafalan do'a-do'a dan uji mentalitas oleh Bupati, Bunda PAUD, mewakili Kakan Kemenag Azrul Azwan Sirait dan Ketua BKPRMI Sumut Safrizal Harahap.


Dalam sambutannya, Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan apresiasi kepada LPPTKA BKPRMI yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.


"Jadikan kegiatan ini sebagai ibadah, dan karya nyata menjadi amalan kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujar Ratnawati.



Ratnawati juga menyampaikan apresiasi kepada anak-anak santri berprestasi, yang telah diuji dan menunjukkan hasil yang menggembirakan. Oleh karena itu, diharapkan hal tersebut untuk terus ditingkatkan.


Terkait dengan program transisi TK ke SD, Ratnawati menghimbau kepada para orang tua agar janganlah memaksakan anak untuk belajar, sebab usia mereka adalah masih usia bermain.


"Saat ini juga sudah ada gerakan bersama yang membentuk transisi peserta didik PAUD ke SD/MI sederajat, dengan cara yang menyenangkan, dimulai sejak tahun ajaran baru ini," kata Ratnawati.


Dalam sambutannya itu, tak lupa Ratnawati mengucapkan selamat kepada peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.


"Kembangkan ilmu yang didapat selama ini, dan tunjukkan kelebihanmu selama mengikuti pendidikan di TK/TPA. Saya percaya kalian akan berhasil kelak, dengarkan nasihat orang tua, didikan guru, terutama pendidikan agama," pungkas Ratnawati.


Sementara itu, Ketua DPW BKPRMI Sumut Safrizal Harahap dalam sambutannya antara lain menyampaikan, bahwa kegiatan wisuda merupakan proses awal bagi anak-anak dalam mengecap pendidikan sejak usia dini.


Safrizal berharap kepada orang tua untuk terus memberikan perhatian dalam pertumbuhan anak dari wktu ke waktu.


"Kita tidak bisa hanya menyerahkannya kepada guru, tapi peran aktif dan perhatian dari para orang tua sangat diharapkan untuk kemajuan pendidikan anak di masa depan," sebut Safrizal.*


(PN)

TerPopuler