Dandim 0203/Langkat Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Bersama Walikota Binjai

Kamis, 01 Juni 2023, 14:16 WIB
Oleh Link

Ket. Teks : Foto Bersama Dandim 0203/Lkt dan Walikota Binjai, Ketua DPRD Binjai usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.


SNIPERS.NEWS | Binjai - Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 dilaksanakan di lapangan Merdeka Kota Binjai Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Kartini Kecamatan Binjai Kota, Kamis (1/6/23), dengan mengambil tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.A.P. selaku Inspektur Upacara dan Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0203/Lkt Kapten Arm Amir Desember Hutauruk, Komandan Upacara Danton Raima Yon Arhanud 11/WBY Lettu Arh Tejo Sulistio, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 Hafiz Al Irsyad, S.S.T.P., dan Pembacaan Doa Kakan Kemenag Kota Binjai Drs. H. Saparuddin, M.A.

Pada kesempatan itu, Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.A.P. membacakan Amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam peringatan Hari Lahir Pancasila.

Hadir dalam upacara peringatan hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka Binjai, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf M Eko Prasetyo, Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, S.H., S.I.K., M.Si., Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, S.T., Wakil Walikota Binjai H. Rizky Younanda Sitepu, S.T.P., M.P., Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Danyon Arhanud 11/WBY Binjai diwakili oleh Pasi Pers Lettu Arh Eka Syahputra, PLT Kepala BNN Binjai Bastian, S.S.T.P., Danramil 01/BK Kodim 0203/Lkt Kapten Inf Kasta Ginting, Para OPD, Staf Ahli, Asisten Pemko Binjai, Kapolsek sejajaran Polres Binjai, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Para Camat dan Lurah se Kota Binjai, dan Para tamu undangan +- 500 orang.

Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Dasar Negara.

Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi ke bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup Pancasila.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. 

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. 

Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. 

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Dalam kesempatan ini, Saya sampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20% (Dua Puluh Persen). Untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesa hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. 

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Dalam kesempatan ini, Saya sampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20% (Dua Puluh Persen). 

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur.

Mengakhiri sambutan ini,Saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nila Pancasila dalam kehidupan keseharian kita Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara.*

(RN)

TerPopuler