Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto Berikan Arahan Dalam Peningkatan Kapasitas MPA dan Petugas TNBTS

Thursday, June 15, 2023, 20:57 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto hadir dalam kegiatan peningkatan kapasitas Masyarakat Peduli Api (MPA) dan petugas balai besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tahun 2023.

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan bahwa peningkatan kapasitas masyarakat peduli api (MPA) dan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Tahun 2023 tentunya dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat peduli Api (MPA) yang bertujuan untuk memperkuat keterlibatan dan kemandirian masyarakat untuk mendukung pengendalian kebakaran hutan dan lahan khususnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih aktif untuk merawat lingkungan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) supaya terhindar dari kebakaran hutan dan lahan dan pencegahan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan tanggung jawab kita bersama," kata Letkol Arm Heri Budiasto, Kamis (15/6).

Ia berharap kepada peserta untuk memanfaatkan kegiatan ini untuk memperoleh pengetahuan, peningkatan ketrampilan, kedisiplinan dan kesiapan siagaan, memahami SOP tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan.


"Adapun pendukung pengendalian kebakaran hutan dan lahan jajaran Korem 083 /BDJ di wilayah Jawa Timur adalah dari Kodim 0818 /Malang Kabupaten sampai dengan Kodim 0825 /Banyuwangi dan Yonif 527/ BY," ujarnya.

Lebih lanjut, perwira asal Solo ini mengungkapkan bahwa insfratruktur dan aset yang ada harus tetap terjaga, sebelum ada hot sport, maka harus sudah bergerak dengan melakukan penataan ekosistem yang ada. Pada saat Rapim TNI, Presiden Jokowi mengingatkan kembali terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan di seluruh Indonesia.

"Perkiraan puncak kemarau di wilayah Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya yang menjadi area TNBTS diperkirakan pada bulan September mendatang dan strategi pencegahan kebakaran hutan dan lahan yakni dengan sistem peringatan dini adalah peningkatan partisipasi masyarakat," pungkasnya.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler