Dandim Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto Hadiri Kegiatan Coaster Clean Up dan Penanaman Mangrove

Saturday, June 10, 2023, 19:15 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Komandan Kodim 0820/Probolinggo  Letkol Arm Heri Budiasto ikut ambil bagian dalam kegiatan coastal clean up dan penanaman cemara laut di pantai Grinting Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Sabtu (10/6).

Turut hadir dalam gelaran tersebut yakni jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo, Direktur operasi pembangkit batubara PLN nusantara power serta sejumlah tamu undangan.

Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan bahwa rangkaian kegiatan dalam momentum ini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup tahun 2023. " Kegiatan hari ini di awali dengan gowes bersama yang kemudian dilanjutkan dengan penamaan bibit cemara laut di Pantai Grinting Desa Karanganyar," kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Rachmanoe Indarto, Direktur Operasi Pembangkit Batubara PLN Nusantara Power menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya sehingga selama sekian tahun operasional PLTU Paiton bisa berjalan dengan baik dan banyak mendapatkan beberapa penghargaan.

"Untuk acara hari ini selain melaksanakan pembersihan pantai juga ada penanaman pohon cemara laut dan mangrove, acara hari ini sebagai wujud dari memperingati hari lingkungan hidup bisa membawa manfaat untuk kehidupan masyarakat Indonesia kedepan yang bisa menyumbangkan oksigen lingkungan global," ujarnya.

Ia berharap melalui rangkaian kegiatan ini dapat menciptakan kebersihan demi kesehatan dan kenyamanan bersama, dirinya berharap kepada masyarakat setempat setelah kegiatan ini kondisi pantai tetap terjaga. "Saya akan mempromosikan Pantai Grinting ini untuk dijadikan tempat wisata agar perekonomian masyarakat bisa terangkat," ungkapnya.


Sementara Teguh Prayitno, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah P3 Provinsi Jawa Timur menegaskan bahwa polusi plastik merupakan ancaman yang nyata yang semakin lama semakin banyak yang masuk kepada kelautan. "Kami menyerukan kepada stakeholder agar kita bisa mengatasi sampah plastik," terangnya.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengurangi sampah dengan target tahun 2025 zero sampah tentunya dengan dukungan masyarakat dan pelaksanaan ini merupakan kegiatan yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

"Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kepedulian kepada generasi muda untuk selalu menjaga kebersihan pantai dan melestarikan alam sebagai tujuan wisata yang menarik dan sumber oksigen," tandasnya.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler