Mako Pasukan Brimob I Korbrimob di Binjai Diresmikan

Selasa, 06 Juni 2023, 20:06 WIB
Oleh Link

Foto : Para petinggi dari jajaran Brimob dan TNI berfoto bersama usai resmikan Mako Pasukan Brimob 1 di Binjai. (Dok. Snipers.news)


SNIPERS.NEWS | Binjai - Setelah beberapa wilayah lainnya di Indonesia telah diresmikan, Korbrimob Polri kembali meresmikan Markas Komando Pasukan (Makopas) Brimob, bertempat di Mako Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut, Jalan Soekarno-Hatta No. 193 Kelurahan Dataran Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Selasa (06/06/23).

Peresmian Makopas Brimob I Polri ini dilakukan langsung Wakil Komandan Korps (Wadankor) Brimob Polri Irjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han., yang ditandai dengan pemencetan tombol sirene oleh Wadankor bersama para Pejabat Utama Forkopimda Sumut.


Dalam Amanat Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri Komjen Pol Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom., yang dibacakan Wadankor Brimob, bahwa dirinya selaku Komandan Korps sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Korps Brimob Polri, yang telah mendedikasikan diri kepada masyarakat, negara dan kesatuan, untuk memenuhi tanggung jawab melaksanakan tugas pengabdian dengan penuh keikhlasan.

"Perlu kita ketahui bersama, Korps Brimob Polri sebagai satuan pamungkas Polri yang mempunyai tugas membina dan mengerahkan kekuatan guna menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban dimasyarakat yang berintensitas tinggi, serta tugas lain dalam ruang lingkup tugas pokok Polri, dalam rangka memelihara keamanan dalam negeri.

Seiring berjalannya waktu dan perubahan dinamika lingkungan strategis Korps Brimob Polri, telah mengalami perubahan dan penguatan satuan, yaitu berdasarkan peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022, tentang perubahan ke empat atas peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017, tentang susunan organisasi dan tata kerja satuan organisasi pada tingkat Mabes Polri.

Saat ini, Korps Brimob Polri telah di pimpin Komandan Korps Brimob Polri, yang semula berpangkat Irjen menjadi Komisaris Jenderal (Komjen).


Penguatan struktur organisasi Korbrimob Polri ini telah ditetapkan Satuan Kerja (Satker) baru sebanyak 28 Satker, dan penambahan Pejabat Tinggi berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Karorenminops Danpas Brimob I (wilayah barat), Danpas Brimob II (wilayah tengah) dan Danpos Brimob III (wilayah Timur).

Sebagai tindak lanjut rencana kerja Korps Brimob Polri tersebut, perlu melaksanakan peningkatan. Penguatan dan penngembangan struktur organisai, serta pembangunan sarana dan prasaranT di wilayah Provinsi Sumatera Utara, yaitu penempatan Mako Satuan Pasukan Brimob I  Korbrimob, yang akan menjadi kegiatan operasional kepolisian wilayah barat, yang mencakup Provinsi Lampung sampai dengan Aceh.

Hadirin yang berbahagia, hari ini adalah momen bersejarah yang menjadi tonggak penting, yaitu peresmian Markas Komando Pasukan Brimob I Korbrimob Polri, sebagai pusat operasional dan garda terdepan dalam memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024 serta kegiatan nasional maupun internasional di wilayah sumatera.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga saya sampaikan kepada semua pihak, atas dukungan penuh untuk merealisasikan pembangunan Mako Pasukan Brimob I Korbrimob Polri ini. Mulai perencanaan sampai proses pembangunan.

Terakhir, saya berharap Mako Pasukan Brimob I Korbrimob Polri ini akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat, serta menjalin hubungan yang erat dengan komunitas sekitar, untuk memperkuat kerjasama dengan institusi lain, serta bersama-sama membangun kepercayaan yang kokoh," demikian Amanat Dankor Brimob Polri, yang dibacakan Wadankor Brimob Polri.


Pantauan awak media, dalam prosesi penyambutan, kedatangan Irjen Pol Imam Widodo disambut dengan berbagai atraksi dari para personil Brimob dan Bhayangkari, antara lain Amukti Sumpah Palapa Patih Gajah Mada serta tari-tarian dari berbagai daerah di Pulau Sumatera.

Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. R.Z Panca Putra S, M.Si., Wadankor Brimob Polri Irjen Pol Drs. Imam Widodo, M.Han., Danpasmob I Brigjen Pol Drs. Firly Ruspang Samosir, M.Si., Wakapolda Lampung Brigjen Pol Dr. Umar Efendi, S.I.K., M.Si., Wakapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si., Kasdam I/BB Brigjen Rifky Nawawi, S.E., S.I.P., Kabidkum Sumsel Kombes Pol Jansen Sitohang, S.I.K., M.H.

Kemudian Karorena Polda Sumut Kombes Pol Harries Budiharto, S.I.K., M.Si., Karolog Poldasu Kombes Pol Drs. I Gede Mega Suparwitha, M.Si., Dir Intelkam Poldasu Kombes Pol Dwi Indra Maulana, S.I.K., Dir Resnarkoba Poldasu Kombes Pol Yemmi Mandagi, Dir Samapta Poldasu Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, S.H., S.I.K., M.Hum., Dir Polairud Poldasu Kombes Pol Toni A Effendi, S.H., S.I.K., M.H., M.M., dan Dir Binmas Poldasu Kombes Pol. Jafar Sodiq, S.H., M.M.

Lalu Dir Pamovit Poldasu Kombes Pol B. I Made Oka Putra, S.I.K., Dansat Brimob Poldasu Kombes Pol Christiyanto Goetomo, S.I.K., S.H., M.H., Kabidpropam Poldasu Kombes Pol. Dudung Adijono, S.I.K., Ka SPN Poldasu Kombes Pol. Iwan Setiawan, S.H., S.I.K., M.Hum., Karumkit TK II Medan Kombes Pol. Dr. Drg. Nelson Situmorang, Sp.B.M.M., SUBSP., T.M.T.M.J (K)., M.H.Kes., Kapolrestabes Medan Kombes. Pol. Valentino Alfa Tatareda, S.H., S.I.K., dan Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol. Irsan Sinuhaji, S.I.K., M.H.

Kemudian hadir juga Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, S.H., S.I.K., M.Si., Kapolres Pel. Belawan AKBP Josua Tampubolon, S.H., M.H., Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, S.I.K., S.H., M.H., Dirtahti Polda Sumut AKBP Rahmadani Dayan, Wadirlantas Polda Sumut AKBP Erwin Suwondo, S.I.K., M.I.K., serta Walikota Binjai beserta Forkopimda Kota Binjai.

Sementara untuk pejabat kepolisian se Sumatera yang hadir, diantaranya Kapolda Se Sumatera mulai dari Bangka Belitung hingga Aceh, kemudian Dansat Brimob Se Sumatera, Gubernur Sumut atau yang mewakili, serta Forkopimda Sumut, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Dankosek TNI AU, Kabinda Sumut, BNNP Sumut, Kejati, Kepala Pengadilan Tinggi Sumut, Kepala PTUN, Kepala Pengadilan Agama Sumut, Danlanud Soewondo, serta Ketua DPRD Sumut.

Diakhir upacara, tampak Wadankor Brimob Polri, Kapolda Sumut bersama para tamu undangan beramah tamah dan juga makan siang bersama, sembari disuguhi alunan musik dari panggung hiburan yang disiapkan oleh panitia acara peresmian Mako Pasukan Brimob I Korbrimob.*

(RN)

TerPopuler