Pastikan Aman, Pangdam XVI/Pattimura Dampingi Kunjungan Kerja 2 Menteri Ke MBD

Kamis, 15 Juni 2023, 20:52 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Ambon - Dalam rangka mensukseskan dan memastikan keamanan kunjungan kerja dua Menteri yaitu, Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian ke wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, melaksanakan pemantauan situasi dan mengecek titik-titik yang di kunjungi, Kamis (15/6/2023).

Agenda utama kedua menteri tersebut pada hari ini yaitu, melaunching pencanangan "Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan" (Gerbangdutas) Tahun 2023, di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1511, Kota Tiakur, Pulau Moa, Maluku Barat Daya (MBD).

Sebelumnya, Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian beserta rombongan, menyambangi pulau  Meatimiarang di Kecamatan Mdona Hiera, Kabupaten MBD, yang berbatasan dengan perairan Timor Leste dan Australia untuk meninjau fasilitas sarana dan prasarana Satgas Pamputer, sekaligus berdialog dengan personil Satgas Pamputer, memberikan bantuan kepada Satgas Pamtas dan masyarakat yang ada di Pulau tersebut.

Selanjutnya, rombongan menuju Lapangan Kalwedo, guna melaksanakan peresmian atas beberapa hasil pekerjaan tahun 2022, yaitu preservasi jalan di Pulau Leti, perbaikan jalan Kliis-Nyama sepanjang 174 km, penggantian Jembatan Wear Nuwewang sepanjang 20 meter di Pulau Leti, pembangunan gedung SMAN 20 Pulau Masela, pembangunan gedung laboratorium kimia SMAN 9 Kecamatan Moa, dan pembangunan Rumah Sakit Umum Penok Tiakur.


Selain itu, kedua Menteri tersebut juga meninjau layanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), yang diselenggarakan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri, layanan Kesehatan Ibu dan Anak oleh Dinkes Provinsi Maluku, dan Dinkes Kabupaten MBD di Makodim 1511/P Moa.

Disana juga diberikan sejumlah layanan, dan bantuan kepada masyarakat, antara lain berupa, 850 paket sembako dari Bank BRI dan Bank BNI, yang akan didistribusikan ke 12 kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) kawasan perbatasan.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Mahfud MD dan Menteri Tito, juga mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Tiakur Pulau Moa, yang pengerjaan digarap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selain itu, 4 block ruko di Pasar Tiakur juga diresmikan dalam kunjungan tersebut.

Pangdam XVI/Pattimura, yang saat itu, turut mendampingi kunjungan tersebut mengatakan, dengan dilaunchingnya Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2023, merupakan langkah percepatan pembanguan wilayah perbatasan, khususnya MBD, dapat berjalan dengan baik, yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat pada perbatasan negara.

Untuk itu, kami siap mengamankan sarana dan prasarana, yang sudah di bangun oleh pemerintah, untuk kemakmuran rakyat" pungkasnya.*

(ATM-MM) 

Sumber ; Pendam16/Ptm

TerPopuler