Pengalaman Jelajahi Desa Wisata Manistutu Dengan Naik Jip Off Road

Tuesday, June 6, 2023, 21:13 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Menikmati perjalanan wisata di salah satu Desa Wisata yang masuk 75 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 dengan menaiki mobil jip Off Road, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan Domestik maupun Manca Negara yang datang berkunjung.

Desa Wisata Manistutu terletak di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dikenal masyarakat luas karena keasrian lingkungan, hutan yang masih hijau dan kaya akan kearifan budaya lokal, salah satunya Mekepung Lampit yang sangat unik, dimana hanya ada Bali Barat yaitu di Bumi Mekepung Jembrana, sementara saat ini masih lestari digelar di Desa Manistutu.

Seperti yang Snipers.news alami saat perjalanan wisata, dalam rangka kegiatan Adventure Touring bersama belasan tamu wisatawan asal Hunggaria dengan beberapa kendaraan jip Off Road pada Rabu (31/5/23) dan dipandu oleh Pemandu Wisata Lokal (Local Guide).

Sebelum perjalanan dimulai, diberikan pengarahan tentang keselamatan dan keamanan saat berkendara oleh pihak pengelola Desa Wisata dan pemandu wisata, bertempat di Meeting Point Tugu Pahlawan Monumen Peh Desa Manistutu. Tak hanya itu, para driver yang bertugas sudah berpengalaman mengendarai mobil jip, baik itu untuk Fun Track maupun Extreme Track.

Selesai mengikuti pengarahan singkat, pengunjung diberikan kesempatan memilih kendaraan yang akan digunakan. Ada sejumlah mobil jenis Jip yang bisa dipilih oleh pengunjung, dari yang berkapasitas satu hingga tiga orang.


Sementara untuk kendaraan jip yang dipakai juga sudah dilengkapi peralatan keselamatan seperti Fire Extinguisher, Safety Belt lengkap untuk kursi pengemudi dan penumpang serta beberapa mobil yang ikut saat perjalanan sudah dilengkapi Rescue Car, sehingga menambah keamanan berkendara.

Perjalanan diawali dengan menyusuri jalan desa yang dipenuhi pepohonan rindang pada sisi kanan kiri jalan, dan juga melewati Rice Field (sawah) membentang sepanjang jalan yang dilewati.

Durasinya sendiri berlangsung satu hingga tiga jam sampai sesi Touring berakhir, tergantung pemesanan dan lama berhenti yang diminta oleh pengunjung serta rute yang diminta. Rute yang dilalui relatif santai dan aman, tidak melewati rintangan yang sulit sehingga pengunjung dapat duduk dengan aman dikursi depan atau belakang.

Namun, pengunjung juga dapat meminta untuk rute yang lebih extreme saat pemesanan paket Adventure Touring untuk dipersiapkan tim yang sudah bekompeten dan berpengalaman untuk melibas Extreme Track.

Ketika masuk jalur menyusuri Tukadaya River dengan bebatuan besar berpasir serta medan turunan tanjakan, tentunya menjadi tantangan rintangan yang kemungkinan tidak didapat di tempat lain, sebelum berhenti menikmati alunan Gamelan Jegog saat Coffee Break sambil menikmati hidangan kelapa muda dan Ubi Rebus Tuak Khas Desa Manistutu.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke arah bukit, yaitu nantinya sebagai tempat berkumpul menikmati makan siang prasmanan menu khas daerah Manistutu dengan hidangan penutup Balinese Coffee yang sudah disiapkan di Bumi Perkemahan Mantu Ca Ger, selanjutnya menuju Water Spa Grobogan Megending.


Selanjutnya sesi Touring berlanjut dengan kegiatan penanaman pohon di Mantu Ca Ger secara simbolis, sebagai tanda kepedulian terhadap kelestarian hutan dan alam yang dilakukan oleh wisatawan sebagai bagian dari Touring mereka.

Jadi, tidak hanya menyaksikan secara langsung keindahan alam Desa Wisata Manistutu, melainkan pengalaman baru bisa diperoleh bagi wisatawan yang kemungkinan besar tidak bisa didapat saat mereka berada di daerah lain, serta sensasi yang berbeda dan unik saat berkendara dengan mobil jip Off Road.

Untuk saat ini saja, Desa Wisata Manistutu memiliki aneka paket wisata yang ditawarkan agar lebih menarik kunjungan wisatawan, antara lain Wisata Budaya Sejarah, Sarkophagus Ulu Visit, Wisata Religi, Wisata Adventure, Konservasi hutan, Konservasi Burung, Wisata Agro, Kesenian Khas Daerah, serta berbagai macam produk UMKM termasuk Kuliner khas setempat.

Untuk menikmati setiap kegiatan yang terdapat didalam paket wisata tersebut, bisa dilakukan dengan melakukan pemesanan (Booking) melalui kontak langsung dengan pihak pengelola Desa Wisata, kontak person Master di WA 082235343621, Beni 085739714553.

Adapun biaya dan jam operasionalnya berbeda tergantung dengan rute perjalanan, jenis paket, jumlah grup/ pax pemesanan dari pihak wisatawan yang hendak berencana untuk berwisata.

Sementara, pihak badan pengelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata, Master menjelaskan, rute perjalanan bisa dipesan sesuai permintaan Wisatawan. Namun, sebagian besarnya memang pasti melewati Rice Field dan Tukadaya River untuk merasakan sensasi rintangan. 

"Tidak hanya itu saja, kami juga menyiapkan rute Trial Adventure, Paddle Cycling, Remote Control, Camper Fun dan Safari Fun untuk mengelilingi Desa Manistutu," kata Master.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba naik jip Off Road keliling Desa Wisata Manistutu?*

(Made Budi)

TerPopuler