Pusat Kampung Qur'ani Gelar Pelatihan Digital Marketing Bagi Ustadz/Ustadzah

Sunday, June 4, 2023, 21:23 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Dalam rangka meningkatkan SDM dan Visibilitas dakwah para Ustadz/Ustadzah Pusat Kampung Qur'ani (PKQ) Bandar Setia, Dosen Kampus UINSU yang juga sebagai Pembina PKQ, Ketua Majelis Dzikir Tombo Ati, Ketua Satkar Ulama Sumut Buya Dr. H. Sugeng Wanto, M.Ag. sukses menyelenggarakan pelatihan digital marketing pada Minggu (4/6/23) sekitar pukul 14.00 s.d 16.00 Wib. 

"Digital marketing secara definisinya, mampu membuat kita menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk secara efisien. Akan tetapi, pelatihan digital marketing ini di buat untuk salah satu modal para Da'i atau kader Pusat Kampung Qur'ani menyiarkan ajaran nilai-nilai spritual Islam. Yang mana sama-sama kita ketahui saat ini, ponsel dan media sosial hampir tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari," ucap Buya Sugeng Wanto.

"Dengan pemasaran digital, kita bisa langsung menjangkau ratusan bahkan ribuan orang dalam sehari. Dalam dakwah di era digital, maka kita perlu mengoptimalkan kerja tim (tim work) bukan single fighter atau one man show yang akan merepotkan atau menyulitkan kita sendiri," ucapnya menambahkan.

Sementara, Ihsan Iskandar, S.Sos., sebagai salah satu pengurus Al-Fatih United yang telah melakukan sekaligus memberikan pelatihan digital marketing ini menyampaikan, bahwa ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada para Ustadz/Ustadzah yang berada di Pusat Kampung Qur'ani B. Setia.

"Tujuannya, agar para Ustadz/Ustadzah bisa memanfaatkan teknologi informasi dan digital dalam memperkenalkan maupun menyebarluaskan ajaran-ajaran Islam, melalui seputaran kegiatan rutin yang ada di jadwal PKQ B. Setia," terang Ihsan. 

Pelatihan digital marketing yang digelar di Aula Muchammad Budi Utomo PKQ, Jalan Terusan Gg. Sena Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang ini di ikuti kurang lebih 25 peserta dari para Ustadz/Ustadzah Pusat Kampung Qur'ani Bandar Setia.

"Dalam pelatihan digital marketing ini, peserta diberikan materi tentang SEO, SEM, Social Media Marketing, Whatsapp Marketing dan Analysis," ujar Ihsan. 

Selain itu, kata Ihsan menjelaskan, mereka juga diajarkan bagaimana cara mendaftar bisnis di google maps, serta membuat konten-konten yang menarik dari media sosial. 

Menurut salah satu peserta pelatihan, Ilham mengatakan, bahwa pelatihan digital marketing ini sangat membantu dalam menyebarkan dakwah ataupun kegiatan rutin melalui teknologi informasi, atau media-media sosial milik PKQ dan sejenisnya.

"Alhamdulillah, ink memang sangat membantu kami dalam menyebarkan dakwah melalui tekhnologi informasi, terlebih saat ini memang zamannya digital. Yang pastinya, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami," ungkap Ilham. 

Terakhir, Buya Dr. H. Sugeng Wanto, M.Ag., berpesan, untuk para anak muda yang kreatif, agar memanfaatkan digital untuk hal-hal yang positif, supaya berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Semoga, dengan pelatihan ini akan membantu atau meningkatkan SDM para Ustadz/Ustadzah yang disediakan oleh Pusat Kampung Qur'ani. Dan sudah saat nya para anak-anak muda berkreatif, berprestasi dan berinovasi dengan menggunakan teknologi informasi dan media sosial dengan hal-hal yang positif," tuturnya.*

(R - 1)

TerPopuler