Sambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, Disperindag Provinsi Aceh Adakan Pasar Murah di Agara

Thursday, June 15, 2023, 13:37 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh adakan kegiatan pasar murah di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), mulai dari 13 Juni 2023 sampai dengan 16 Juni 2023.

Dilihat dari pantauan Awak Media Snipers News, yang juga Anggota Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-I) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di lokasi halaman Kantor Camat Lawe Bulan, Kamis 15 Juni 2023, ratusan warga tampak berbondong bondong mendatangi lokasi pasar murah. Mayoritas warga yang datang ke lokasi kebanyakan dari kaum ibu rumah tangga.

Dalam kesempatan itu, Zulfikriadi, utusan dari Disperindag Aceh yang turun langsung memantau kegiatan pasar murah yang ada di wilayah Aceh Tenggara mengatakan, pasar murah ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, dan sekaligus menekan inflasi harga yang melonjak naik, berdasarkan data dari pusat.

Dijelaskannya, kegiatan pasar murah di Kabupaten Aceh Tenggara ini dilakukan di empat wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Babul Rahmah, Ketambe, Babussalam dan Bukit Tusam. "Kegiatan ini kita laksanakan selama tiga hari, mulai dari tangga 13 sampai dengan 16 Juni 2023," jelas Zulfikriadi.

Lanjut Zulfikriadi, Pj Gubernur Aceh telah menginstruksikan seluruh Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Aceh untuk menekan harga. Oleh karena itu, Disperindag Aceh menggelar pasar murah.

Ada lima komoditi yang disubsidi oleh Pemerintah Aceh melalui Disperindag Provinsi, diantaranya Tepung, Gula, Beras, Minyak Goreng dan Telur Ayam.


Kuota untuk Kabupaten Aceh Tenggara, Beras sebanyak 15.200 Kg, Gula Pasir sebanyak 3.200 Kg, Minyak Goreng 2000 liter, Tepung Terigu sebanyak 1000 Kg dan untuk Telur Ayam sebanyak 1.900 Papan, dibagi untuk empat kecamatan.

Harga beras premium 10 Kg Rp. 80.000, gula pasir 2 Kg Rp. 20.000, minyak goreng 2 Liter Rp. 30.000, tepung terigu 1 Kg Rp. 10.000 dan telur ayam 1 papan Rp. 44.000.

Sementara untuk Beras, Tepung dan Gula disubsidikan Rp. 5000 per kilogram, Minyak Goreng Rp. 5000 Per Liter dan Telur Ayam disubsidi Rp. 10.000 per papan.

"Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Polda Aceh, Kodam IM, Kajati, Bulog dan Disdagperinaker Kabupaten Aceh Tenggara," sebutnya.

Menurut salah seorang warga Desa Lawe Rutung yang tidak mau disebutkan namanya, kepada Awak Media yang ada di lokasi mengatakan sangat terbantu, dengan adanya pasar murah di Kecamatan Lawe Bulan.

Menurutnya, dengan diadakannya pasar murah yang dilakukan oleh Disperindag Provinsi Aceh, sangat membantu mereka yang kini memang tengah mengalami kesulitan dalam hal perekonomian.

"Kami merasa sangat bersyukur dengan diadakannya pasar murah ini, apalagi saat ekonomi sulit seperti saat ini, sangat membantu sekali," katanya.*

(Dalisi)

TerPopuler