Tingkatkan Kualitas Kesehatan, Kodam Pattimura Gandeng Kimia Farma Gelar Vaksinasi Gotong-Royong

Kamis, 15 Juni 2023, 18:25 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kodam XVI/Pattimura berkomitmen dalam membantu pemerintah, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya pada masa pasca pandemi Covid-19.


Untuk itu, Kodam XVI/Pattimura berkolaborasi dengan menggandeng PT. Kimia Farma, menggelar kegiatan vaksinasi Gotong-Royong di RST TK II dr. J.A. Latumeten, Ambon, pada Kamis (15/6/2023).


Dibuka oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa. 


Dalam amanatnya Pangdam, yang dibacakan Kasdam, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Kimia Farma, atas kerjasama dan kolaborasi yang ikhlas, untuk memberikan vaksinasi gotong-royong.


Vaksinasi yang dilaksanakan saat ini, diberikan kepada prajurit Kodam XVI/Pattimura dan masyarakat di wilayah kota Ambon, yang sebelumnya telah melaksanakan vaksin pertama, vaksin kedua dan vaksin booster pertama.


"Perlu kita ketahui bersama, bahwa Vaksin booster berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya, dari para peserta vaksinasi, sehingga dapat lebih optimal dalam menjaga daya tahan tubuh," ujar Pangdam.



Senada dengan yang disampaikan Kasdam, Direktur Utama PT. Kimia Farma, Drg. Ardhy Nugrahanto Wokas, M.Sc.PH., M.Sc.,Hm., Ph.D., DIC, MCSO., yang saat itu hadir menambahkan, meskipun sudah melewati masa pandemi, bukan berarti kita sudah bebas sepenuhnya dari Covid-19, sehingga hendaknya kita terus berupaya untuk melindungi diri dan keluarga, serta masyarakat sekitar dengan melakukan vaksinasi, dalam rangka meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh.


Ia menjelaskan, vaksin gotong-royong yang digunakan hari ini adalah vaksin jenis sinopharm, yang telah melewati berbagai riset dan uji klinis, sehingga sudah mendapat ijin pemakaian dari BPOM.


Pemakaian vaksin ini dapat dipastikan aman untuk masyarakat Indonesia. Dalam pelaksanaan vaksin tersebut, kurang lebih 200 orang yang terdiri dari TNI dan keluarganya serta masyarakat telah tervaksin, sekaligus juga memperoleh bingkisan berupa sembako.


Lourens Muskita (38), salah satu warga Negeri Lama, binaan Kodim 1504-01/Baguala menuturkan, dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya vaksinasi gratis tersebut, terlebih, setelah vaksin Ia mendapat bingkisan sembako.


"Terima kasih kepada Kodam XVI/Pattimura dan PT. Kimia Farma, yang telah menyelenggarakan vaksinasi gratis dan pembagian sembako ini," pungkasnya.*


(ATM-MM)


Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler