Bupati Simalungun Letakan Batu Pertama Pembangunan SPAM di Dolok Maraja

Tuesday, July 25, 2023, 00:42 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H., M.H., menghadiri syukuran Pangulu (Kepala Desa) yang baru dilantik, sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa (Nagori) Dolok Maraja, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, Sumut, Senin (24/7/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun mengucapkan selamat kepada para Pangulu di Kecamatan Tapian Dolok yang baru di lantik, sembari berharap agar melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

"Kecamatan kita ini merupakan kecamatan yang strategis. Banyak lagi program-program kita di Kecamatan Tapian Dolok. Harapan saya, pembangunan di sini kedepannya lebih maksimal lagi demi kemajuan Tapian Dolok," kata Bupati.

Selain menghadiri acara syukuran pelantikan pangulu dan peletakan batu pertama pembangunan SPAM, Bupati juga meninjau pelaksanaan pembangunan Kantor Camat Tapian Dolok. Bupati berharap, dengan pembangunan Kantor Camat ini akan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Simalungun, khususnya di Kecamatan Tapian Dolok.

Menurut Bupati, di Kecamatan Tapian Dolok, Pemkab Simalungun memiliki program untuk membuat kawasan industri. Dimana harusnya pembangunan itu sudah terlaksana di tahun ini, akan tetapi masih ada administrasi yang harus di lengkapi. 

"Kawasan industri ini akan dapat menampung tenaga kerja, dan multi efeknya akan meningkatkan ekonomi di Tapian Dolok," ucap Bupati.

Terkait dengan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan SPAM di Nagori Dolok Maraja, Bupati Simalungun menyampaikan, bahwa peletakan Batu pertama dan SPAM ini tidak bisa berjalan dan terlaksana dengan lancar tanpa kebersamaan semua pihak. 

Saat menemui para pekerja pembangunan SPAM, Bupati Simalungun meminta para pekerja untuk bekerja berhati-hati dan juga dikerjakan dengan serius. "Kerja dengan baik dan serius. Utamakan menjaga keselamatan kerja," ujar Bupati dihadapan para pekerja.


"Mari kita doakan agar pembangunan SPAM tersebut berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan," ajak Bupati kepada masyarakat, saat melakukan peletakan batu pertama. 

Sebelumnya, Kadis PUPR Simalungun Hotbinson Damanik dalam laporannya menyampaikan, bahwa tahun 2023 ini akan ada program pembangunan SPAM di Kabupaten Simalungun, 30 liter/detik untuk menyuplai kebutuhan air minum bagi 1.200 KK (Kepala Keluarga).

Hotbinson mengatakan, bahwa saat ini baru ada 450 KK di Nagori Dolok Maraja dan sekitarnya yang akan menerima air bersih, dari program pembangunan SPAM tahun 2023 ini. 

"Kalau adapun nantinya yang masih membutuhkan, masih bisa di suplai dengan debit air tersebut, karena untuk debit air yang akan di bangun itu bisa mensuplai sampai 1200 kk," jelas Hotbinson.

Selain itu, Hotbinson menyampaikan, di Nagori Dolok Maraja dan Nagori Bayu Muslimin akan ada pembangunan sistim air limbah sebanyak 50 unit, dan pembangunan infrastruktur jalan serta pembangunan Kantor Camat Tapian Dolok.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Nagori Dolok Maraja Aswin Rapinah, mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang telah hadir dan memperhatikan Kecamatan Tapian Dolok dengan pembangunan.

Menyinggung pembangunan SPAM, Aswin menjelaskan, bahwa di Nagori Dolok Maraja memang sangat sulit untuk mendapatkan air bersih. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Simalungun. Kami juga mengucapkan terima kasih atas pembangunan jalan, dan kami berharap kedepannya pembangunan jalan ini dilanjutkan terus sampai ke Bah Sulung," harap Aswin.*

(PN)

TerPopuler