Hidupkan Kembali Ikon Probolinggo, Dandim 0820/Probolinggo Tanam Bibit Anggur

Jumat, 07 Juli 2023, 14:04 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto mengajak masyarakat untuk kembali mengembangkan tanaman anggur yang merupakan ikon Probolinggo, yang hampir terlupakan.

"Anggur Probolinggo ini rasanya manis dan perlu dikembangkan kembali, ada tiga jenis anggur yang bisa tumbuh subur di Probolinggo ini yakni anggur merah Prabu Bestari, anggur Delaware dan anggur Kediri Kuning," kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Menurutnya, Probolinggo selama ini identik dengan buah mangga saja, padahal dari dulu Probolinggo juga identik dengan buah anggur. Hal ini terjadi karena buah anggur Probolinggo tergeser dengan anggur anggur dari daerah lain maupun anggur import. Buah anggur juga merupakan ikon dari Probolinggo sehingga perlu dilestarikan.


"Dengan menanam anggur yang saat ini hanya dilakukan oleh komunitas anggur, maka Kodim 0820 juga membuat kebun anggur yang harapannya akan banyak di contoh masyarakat, bukan hanya pecinta atau komunitas anggur tetapi masyarakat luas bisa mencontoh pengembang biakan tanaman anggur di Makodim 0820. Hal ini nantinya juga bisa mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Probolinggo. Seperti ditempat tempat lain atau daerah lain ada wisata petik buah apel, untuk Probolinggo nantinya punya obyek wisata petik buah anggur," tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat Probolinggo yang mempunyai lahan kosong untuk bisa digunakan menanam anggur sehingga bisa menambah penghasilan.

Dirinya mengaku akan bersinergi dengan pemerintah daerah dan komunitas anggur  untuk terus berupaya mempertahankan ikon Probolinggo yakni buah anggur dan buah mangga untuk bisa berkembang lebih baik lagi.

"Kedepannya saya berharap masyarakat Probolinggo bisa lebih banyak lagi yang menanam buah anggur sehingga anggur yang menjadi ikon Probolinggo, akan kembali dikenal oleh masyarakat luas," pungkasnya.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler

Whatsapp-Button