Dandim Probolinggo, Kawal dan Dampingi Gubernur Jawa Timur pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pengembangan Pelabuhan

Thursday, August 3, 2023, 08:33 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto melakukan pengawalan sekaligus pendampingan dalam pelaksanaan ground breaking gudang pelabuhan dan peninjauan pembangunan perpanjangan dermaga 2 pelabuhan Kota Probolinggo oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan bahwa Kota Probolinggo merupakan kota pesisir yang menjadi pusat perdagangan dan penyambung di area tapal kuda serta kota transit yang menghubungkan kota- kota sisi timur Provinsi Jatim dengan kota kota lain sisi Barat Jawa Timur.

"Pemerintah daerah bersama sejumlah pihak dan tentunya support dari jajaran forum koordinasi pemerintah daerah telah membuat kajian mengenai potensi pengembangan Kota Probolinggo sebagai kota logistik," kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Ia menambahkan, Kota Probolinggo memiliki beberapa wilayah potensial untuk dijadikan sebagai area pergudangan dan siap bekerjasama lebih lanjut dalam pembangunan dan pengembangan area pergudangan yang nantinya dapat mendukung aktifitas disekitar pelabuhan.

"Ada juga terminal barang dimana kondisi eksisting saat ini dalam terminal tersebut tersedia berbagai fasilitas yang dapat mendukung kegiatan disekitar pelabuhan dan nantinya akan dikembangkan lagi," ujarnya.

Perwira Akmil Abituren tahun 2002 ini mengungkapkan, pengembangan pelabuhan Probolinggo adalah proses yang sudah dinantikan segenap masyarakat dengan harapkan perekonomian di sekitar pelabuhan mengalami peningkatan secara signifikan.

Pemerintah daerah dan masyarakat menyambut baik proses pembangunan yang berlangsung saat ini serta mendoakan agar semua berjalan dengan lancar sampai tiba saatnya pelabuhan tersebut beroperasi.

"Dengan harapan nantinya mendatangkan manfaat serta kemaslahatan bagi masyarakat Kota Probolinggo dan Provinsi Jawa Timur secara keseluruhan," ungkapnya.


Sementara Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan dengan keberadaan Pelabuhan Probolinggo menjadi akses strategis penghubung yang dikelilingi sejumlah pulau, dengan adanya pelabuhan ini tentunya dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga ada koneksitas.

Dirinya mengaku hadir untuk melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya proyek pembangunan perpanjangan dermaga 2 dan gudang yang berada di Pelabuhan Kota Probolinggo.

"Perpanjangan dermaga adalah salah satu sarana yang berfungsi untuk melayani penumpang dan barang dengan kepentingan tertentu diantaranya guna meningkatkan perekonomi terutama terkait tenaga kerja baru," tutupnya.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler