Gugatan Praperadilan YEH Kembali Ditolak, Jaksa Lanjutkan Pemberkasan

Thursday, August 10, 2023, 21:50 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jambi - Putusan Gugatan Praperadilan Tersangka Korupsi Bank Jambi Yunsak El Halcon (YEH) telah dibacakan, Kamis (10/08/2023).

Hakim tunggal Pra Peradilan dengan Nomor perkara : 10/Pid.Pra/2023/PN Jmb yakni Otto Edwin, telah memutus menolak eksepsi Pemohon untuk seluruhnya.
 
Perlu diketahui, tersangka Yunsak El Halcon kembali mengajukan gugatan praperadilan, kali kedua tersangka Yunsak dan kuasa hukumnya menilai jika termohon penyidik Kejati Jambi telah sewenang-wenang dan arogan dalam membuka safe deposit tanpa persetujuan pemohon.

Selain itu, terhadap barang bukti uang dan bangunan di Bintaro Tangerang merupakan harta yang tidak ada hubungannya dengan kasus korupsi dan TPPU, oleh karenanya gugatan harus diterima oleh hakim.

Dalam sidang kali ini termohon diwakili oleh Jaksa Susi Indriyani, Tito dan Risma yang saling bergantian menyampaikan bukti-bukti penyitaan dihadapan hakim dan penasehat hukum tersangka.

Asisten Intelijen Kejati Jambi Nophy T. Suoth  langsung menanggapi putusan atas ditolaknya gugatan pemohon, dengan menyampaikan jika jaksa telah membuktikan dipersidangan, bahwa setiap langkah ditingkat penyidikan sudah dilakukan sesuai hukum acara yang berlaku yakni terdapat surat perintah penyitaan, berita acara penyitaan dan penetapan ijin sita dari Ketua Pengadilan Negeri.

"Kita meyakini, jika langkah-langkah penyitaan barang bukti oleh penyidik sudah sesuai prosedur, selanjutnya jaksa akan menyelesaikan pemberkasan," jelas Nophy.*

(DN)

TerPopuler