Peringati Tahun Baru Islam 1445 H dan HUT Republik Indonesia ke 78, DPP LSM Permata Indonesia Santuni Anak Yatim Piatu

Friday, August 4, 2023, 17:33 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Pergerakan Pemuda Tanah Air Indonesia (LSM PERMATA INDONESIA), mengadakan santunan anak yatim di Kantor DPP LSM Permata Indonesia jalan Agro Wisata Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan santunan ini dihadiri oleh Ketua Umum LSM Permata Indonesia Dawamudin, Sekjen Permata Indonesia Mustofa, ST., Bendahara LSM Permata Indonesia Anis dan anggota lainya, tokoh agama, tokoh masyarakat, panitia kegiatan, Agen BNI 46 Desa Sumendi Hj. Muamanah, Agen BNI 46 Desa Sumberkramat Samsudin, Agen BNI 46 Desa Sepuhgembol Agen Yana, serta 35 anak yatim.

Bertepatan dengan bulan Agustus tahun 2023 ini, dimana telah memasuki bulan Muharram. Seperti yang diketahui, bahwa bulan Muharram termasuk salah satu bulan yang sangat mulia karena menjadi pembuka tahun baru hijriyah. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Muharram atau juga bulan Suro adalah menyantuni anak yatim, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya. 

Adapun tujuan diadakan acara ini untuk mencari keberkahan di bulan Muharram, mengingat pejuang ulama telah berjuang demi kemerdekaan Negara Indonesia. Dengan harapan, khususnya semua jajaran LSM Permata Indonesia selalu mendapat lindungan dari Allah SWT. 

Dana yang dikumpulkan merupakan dana pribadi, dimana masing-masing anak mendapatkan sejumlah uang dan paket sembako.

Dawamudin selaku Ketua Umum LSM Permata Indonesia mengatakan, santunan anak yatim ini merupakan sebagai bentuk kepedulian dan sekaligus kewajiban untuk saling membantu terhadap sesama, terutama bagi anak yatim.


"Santunan ini diadakan satu tahun sekali bertepatan dibulan suro atau tahun baru Islam mas, dan juga sekaligus memperingati HUT RI ke 78. Kegiatan ini sebetulnya memang sudah menjadi kewajiban bersama untuk membagikan sebagian harta kita kepada anak yatim," tuturnya, Jum'at (04/08/2023).

Lebih lanjut, Dawam sapaan akrabnya, berharap dengan acara santunan ini tentunya bisa bermanfaat bagi anak yatim yang ada di sekitarannya.

"Saya berharap, semoga dapat terasa manfaatnya serta semoga untuk tahun berikutnya bisa terus mengadakan acara santunan," pungkasnya.*

(Tofa)

TerPopuler