Jelang HUT Ke-78, TNI Jajaran Kodam Pattimura Gelar Beberapa Kegiatan

Minggu, 24 September 2023, 20:30 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Tentara Nasional Indonesia, TNI Jajaran Kodam XVI/Pattimura yang berada di wilayah Kota Ambon menyelenggarakan kegiatan olahraga bersama Forkompinda dan masyarakat, Bazar UMKM dan Dapur lapangan di Lapangan Merdeka, Minggu (24/9/23). Selain itu, juga dilaksanakan Bakti Sosial Kesehatan di RST Tk II dr.J.A.Latumeten.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial Syafrial, PSC., M.Tr.(Han),. mengatakan, pagi ini Kodam XVI/Pattimura melaksanakan rangkaian hari ulang tahun TNI ke-78, sesuai dengan perintah panglima TNI, seluruh jajaran TNI secara serentak melaksanakan rangkaian kegiatan HUT TNI Ke-78. 

Beberapa kegiatan tersebut antara lain olahraga bersama, Bazar, Dapur lapangan dan Bakti sosial Kesehatan yang hari ini dilakukan oleh TNI dijajaran Kodam XVI/Pattimura, baik wilayah Maluku maupun Maluku Utara.

"Baru saja kita melaksanakan senam bersama SKJ 88. Selanjutnya, disini kita lihat bersama, sudah tergelar UMKM dalam rangka Bazar yang melibatkan seluruh komponen dari Persit, PIA Ardhya Garini,  Jalasenastri, Dharma Pertiwi, dan masyarakat lainnya. Selain itu, kami juga menggelar dapur lapangan, ada makanan yang disediakan secara gratis", kata Pangdam kepada wartawan usai mengikuti senam bersama.

Pangdam menjelaskan, siang ini juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial kesehatan meliputi  donor darah, sunatan masal, pengobatan umum, operasi katarak, dan juga santunan untuk anak-anak stunting yang dilaksanakan secara serentak.


"Serangkaian kegiatan ini dilakukan, menjelang HUT TNI pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang. Kemudian, upacara HUT TNI akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Ambon bersama dengan masyarakat Ambon pada khususnya, merayakan HUT TNI ke-78. 

Usai pelaksanaan upacara, selanjutnya, akan dilakukan Vicon dengan Presiden dalam rangka ketahanan pangan", jelasnya.

Pangdam menambahkan, dirinya selaku Pangdam XVI/Pattimura memohon restu dari masyarakat Maluku, agar rangkaian kegiatan ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Usai melaksanakan olahraga bersama, Pangdam beserta Forkopimda menuju ke RST, untuk meninjau pelaksanaan Bakti Sosial Kesehatan yang sedang berlangsung. Disini juga, Pangdam menyapa sekaligus memberikan santunan kepada peserta Baksos kesehatan.

Untuk diketahui, jumlah peserta Baksos kesehatan di wilayah Maluku terdiri dari, Donor darah 235 orang, sunatan massal 20 orang, pengobatan umum 100 orang, dan Ops katarak 15 orang.

Sedangkan di wilayah Maluku Utara terdiri dari, Donor darah 283 orang, sunatan massal 25 orang anak, pengobatan umum 100 orang dan pemberian bantuan nutrisi anak Stunting 30 orang anak.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler