Jelang Pilpanag, Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar Himbau Kamtibmas

Sunday, September 10, 2023, 03:35 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Pemerintah Kabupaten Simalungun telah mengeluarkan tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag), atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak untuk gelombang II tahun 2023. Tahapan pemungutan dan penghitungan suara akan dilaksanakan pada tanggal 13 September 2023. 

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak untuk gelombang II tahun 2023, Jajaran Polres Simalungun aktif menggelar kegiatan patroli skala besar.

9 September 2023 malam ini, Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., memimpin langsung kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan patroli skala besar. Patroli ini dilaksanakan mulai pukul 20.00 Wib hingga selesai, dengan lokasi rawan kriminalitas dan tempat berkumpulnya masyarakat atau tempat-tempat ibadah di Wilayah Kabupaten Simalungun menjadi area patroli.

Dalam arahannya, Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., saat memimpin apel pelaksanaan Patroli Skala besar, Sabtu (9/92023) menyampaikan,, menjelang pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak untuk gelombang II tahun 2023 di wilayah Kabupaten Simalungun, pihaknya akan meningkatkan kegiatan patroli dengan menyampaikan himbauan kepada masyarakat, agar pelaksanaan Pilpanag dapat berjalan aman dan samai.

"Dalam setiap tantangan ataupun hambatan yang menjadi permasalahan selalu ada jalan keluar. Untuk itu, mari kita jadikan semua keterbatasan kita menjadi peluang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai anggota Polri," kata AKBP 

Pencegahan melalui kegiatan patroli ini merupakan Cara bertindak yang tepat dalam pelaksanaan tindakan secara preventif yang merupakan tindakan Polri dengan tujuan untuk mencegah tindakan-tindakan masyarakat agar tidak mencapai ambang gangguan dan menjadi gangguan nyata.

"Kehadiran Anggota Polri harus dapat terlihat oleh masyarakat untuk itu tujuannya pun harus jelas, masyarakat harus dapat melihat dan merasakan kehadiran Anggota Polri ditengah-tengah masyarakat, sehingga dapat menciptakan situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat," ujarnya.


Dengan Jumlah personel yang terbatas dan wilayah yang luas menjadi tantangan kerja tersendiri bagi kita Personel Polres Simalungun dalam menjaga keamanan guna  pencegahan kejahatan di Wilayah Kabupaten Simalungun.

"Patroli malam ini kita laksanakan dengan membagi dua Tim, dengan tetap melaksanakan kegiatan secara humanis, meski banyak situasi yang memancing emosi namun tetap layani dengan senyuman
hadapi dengan kelembutan, bekerjalah dari hati dengan keikhlasan, karena kita semua sudah memilih untuk menjadi Anggota Polri abdi negara dan harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab menjaga keamanan masyarakat," pungkas AKBP Ronald.

Patroli skala besar ini melibatkan 56 personel Polres Simalungun, dan diawali dengan Apel Kesiapan Pelaksanaan Patroli di Kantor SATPAS Sat Lantas Polres Simalungun, Jalan Asahan KM.6 Desa Lestari Indah Kecamatan Siantar. 

AKBP Sipayung dalam arahannya mengharapkan masyarakat memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Polri, sebagai penolong yang selalu ada di tengah-tengah masyarakat. 

Setelah apel kesiapan, personel Polres Simalungun dibagi menjadi dua tim dan melakukan patroli ke beberapa area rawan kriminalitas dan antisipasi kegiatan masyarakat di malam hari, seperti lokalisasi Bukit Maraja serta beberapa cafe di sekitarnya dan Jalan Lintas Sumatera untuk mengantisipasi aksi balap liar.

Kapolres Sipayung juga meminta untuk tetap melaksanakan kegiatan secara humanis serta meminta masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban, serta mengingatkan para pedagang untuk tutup tidak terlalu larut. 

Setelah patroli, dilanjutkan dengan Apel konsolidasi serta evaluasi guna meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. Selanjutnya, Polres Simalungun melanjutkan patroli rutin antisipasi kerawanan Kamtibmas hingga dini hari guna menjaga kondusifitas di Kabupaten Simalungun.*

(PN)

TerPopuler