Kapolres Simalungun Terima Kunjungan Silaturahmi Bawaslu, Sinergi untuk Sukseskan Pemilu 2024

Senin, 25 September 2023, 22:19 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F. C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., menerima audiensi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Simalungun di Mako Polres Simalungun, Jalan John Horailam Saragih, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Senin (25/9/2023). Kegiatan yang dimulai pukul 12.15 WIB tersebut berfokus pada pemantapan kerja sama untuk menciptakan pemilu 2024 yang aman dan lancar.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolres Sipayung menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi komitmen Polres Simalungun dalam mendukung suksesnya pemilu 2024. Di antaranya, adalah penegakan netralitas anggota Polri selama pemilu, pembahasan terkait operasi Mantap Brata yang akan dimulai bulan Oktober, serta upaya Polres Simalungun dalam melaksanakan Sispamkota dan pengamanan selama hari-H pemilu.

Dalam sambutannya, Kapolres Sipayung menghimbau agar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu 2024 dapat bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. 

"Kami berharap, tidak hanya pihak kepolisian dan Bawaslu, tapi seluruh elemen masyarakat dan partai politik dapat berperan aktif menjaga ketertiban dan berpartisipasi dalam menciptakan pemilu yang jujur dan adil," ujar Kapolres, 

Ia juga menekankan pentingnya netralitas seluruh anggota Polri dalam pemilu. "Jangan sampai ada anggota Polri yang memihak kepada salah satu partai politik. Kerja kita adalah menjaga keamanan dan ketertiban, menciptakan situasi yang kondusif sehingga pemilu dapat berjalan dengan lancar," tegas Kapolres Sipayung.


Kapolres Sipayung juga mengingatkan semua pihak untuk selalu taat aturan dan hukum yang berlaku selama proses pemilu. Ia berpesan, "Mari kita jadikan pemilu 2024 ini sebagai pemilu yang penuh integritas. Jangan sampai ada pihak yang mencoba mengganggu kejujuran dan keadilan pemilu dengan melakukan money politik atau tindakan-tindakan lain yang bertentangan dengan hukum."

Kapolres Sipayung berharap, melalui sinergi dan kerjasama yang baik antara Polres Simalungun dan Bawaslu Simalungun, pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun dapat berjalan dengan aman, lancar, dan berintegritas.

Sementara itu, perwakilan Bawaslu Simalungun menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama yang telah terjalin dengan Kapolres Simalungun. Mereka juga menyampaikan beberapa hal penting terkait persiapan pemilu, termasuk pengaturan jalur kampanye bagi daerah-daerah yang sulit dijangkau jalur darat.

Kegiatan audensi berjalan lancar dan berakhir pada pukul 12.57 WIB. Kedua pihak sepakat untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi demi menciptakan pemilu 2024 yang jujur dan adil.*

(PN)

TerPopuler