Kejati Jambi Beri Pemahaman Hukum Kepada PLN Sumbagteng

Tuesday, September 26, 2023, 20:51 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jambi - PT. PLN (Persero) bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi menggelar Focus Group Discussion (FGD) di BW Luxury Hotel Jambi, Selasa (26/9/2023)

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi Elan Suherlan dan GM PT. PLN UIP Sumbagteng I Njoman Surjana ini mengangkat tema peranan kejaksaan dalam upaya pencegahan terjadinya tindak pidana pada pelaksanaan proyek ketenagalistrikan.

Dalam sambutannya, Kajati Jambi menjelaskan, agar FGD ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaksana proyek ketenagalistrikan, karena banyak sekali aspek hukum yang bersinggungan dengan masyarakat dan nantinya pemateri ada para Jaksa yang berkualified dalam penegakkan hukum.

Kajati Jambi juga menyarankan agar PLN juga membuat mitigasi risiko untuk mewujudkan good government yang lebih baik, menetapkan dan mengelola risiko yang dihadapi, meminimalisir dampak yang ditimbulkan. 

Bertindak sebagai narasumber pertama Asisten Perdata dan TUN Dr. Agus Irawan, yang menyampaikan jika Jaksa Pengacara Negara ini sesuai UU dapat mendampingi BUMN di pengadilan maupun diluar pengadilan, dengan memberikan konsultasi, mediasi maupun menjadi kuasa saat digugat perdata.

Narasumber kedua yakni Asisten Intelijen Nophy T Suoth, yang menyampaikan peranan intelijen kejaksaan mendukung proyek ketenagalistrikan, dengan melakukan pengamanan proyek strategis dan salah satunya adalah setiap proyek yang dilakukan oleh PLN, seperti pembangunan jaringan SUTET mulai dari pengadaan tanah, tegaknya SUTET hingga proses pengaliran listriknya.

Narasumber lainnya antara lain Asisten Tindak Pidana Umum Gloria Sinuhaji dan Asisten Tindak Pidana Khusus Donny Hariyono, yang menjelaskan tentang tugas jaksa selaku penyidik dan penuntut umum terhadap penanganan perkara pidana. 

Kajati Jambi Elan Suherlan mengucapkan selamat pada para peserta untuk ikut FGD ini. "Saya mengucapkan selamat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) pada hari ini, harapan saya acara ini memberikan banyak manfaat dan pengetahuan bagi kita semua yang hadir," jelas Elan, Kajati Jambi. 

Acara ini diikuti oleh para manager proyek di lingkungan PLN UIP Sumbagteng, PLN Jambi dan para jaksa di Kejati Jambi yang diakhiri dengan serah terima cinderamata pada para narasumber.*

(DN)

TerPopuler