Jelang Pemilu 2024, Kapolda Bali Gelar FGD di Polres Buleleng

Kamis, 23 November 2023, 18:20 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Buleleng - Kunjungan kerja Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si.,Dan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Bali beserta rombongan di Polres Buleleng, yang didampingi para pejabat utama Polda Bali, disambut Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., bersama Wakapolres Buleleng Kompol Taufan Rizaldi S.I.K., M.H., serta para pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Buleleng. 

Diawali dengan laporan situasi Kapolres Buleleng dan disertai jajar kehormatan depan SPKT, dilanjutkan menuju loby Mapolres menemui Pj. Bupati dan para undangan lainnya.

Bersama rombongan,  Kapolda Bali yang didampingi Pj. Bupati dan diikuti Kapolres Buleleng menuju mimbar untuk dilaksanakan FGD (Forum Group Disscussion) dalam rangka kesiapan pengamanan rangkaian tahapan Pemilu 2023-2024, kamis (23/11/2023).

Dalam kegiatan ini hadir pula Pejabat utama Polda Bali diantaranya Karo Ops Polda Bali Kombes. Pol. Soelistjono, S.I.K., M.H., Karo SDM Polda Bali Kombes Pol. Tri Bisono Soemiharso, S.I.K., M.H., Dirreskrimsus Polda Bali Kombes Pol. Roy H.M. Sihombing, S.I.K., Ka SPN Polda Bali Kombes Pol Drs. I Nengah Subagia, Kabid Propam Polda Bali Kombes Pol. I Ketut Agus Kusmayadi, S.I.K., S.H., dan Dansat Brimob Polda Bali Kombes Pol. Firdaus Wulandto, S.I.K.

Disamping itu hadir juga Pj. Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana M.M.A., beserta Forkopimda, juga hadir dari TNI Komandan Secara A, Dandim 1609/ Buleleng Letkol Arh Tamaji, S.Sos., M.I.Pol., Komandan Batalyon Inf Rider 900/SBW Letkol Inf Deden Ika Drajat S.A.P.M., Ketua KPU Buleleng Komang Duddy Udiyana, S.T., Ketua Bawaslu Buleleng diwakili oleh I Ketut Adi Setiawan, S.E., S.H, dari kalangan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat Buleleng, serta kalangan mahasiswa dan Para Rektor Undiksha, Rektor Panji Sakti, Rektot STIE dan Ketua STAHN Mpu Kuturan. 

Adapun rangkaian kegiatan tersebut diawali Paparan Kapolres Buleleng terkait kesiapan pengamanan rangkaian tahapan pemilu 2023- 2024, dengan menyampaikan Potensi ancaman dan langkah-langkah antisipasi disetiap tahapan Pemilu 2024, serta lokasi kerawanan - kerawanan di daerah Buleleng.

Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan seluruh personel Polres Buleleng atas dedikasi dan loyalitasnya dalam pelaksanaan tugas selama ini, khususnya dalam  Operasi Mantap Brata Agung 2023- 2024.

Selain itu Kapolda Bali mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Buleleng yang turut serta dalam menjaga kamtibmas daerahnya. Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan suatu kunci bagi kelancaran pemilu yang nanti akan dilaksanakan.

"Untuk ke depan ada banyak kegiatan, nanti ada perayaan Natal, bulan Maret hari Raya Nyepi, serta bulan Ramadhan dan Idul Fitri, agar kita bersama-sama melaksanakan pengamanan, selalu tingkatkan koordinasi untuk berkolaborasi. Dalam hal tersebut Polri perlunya dukungan dari stakeholder terkait kelancaran dalam menjaga kamtibmas," ucapnya

Kapolda Bali juga menjelaskan, Polri sebelum pelaksanaan tugas operasi sudah melaksanakan beberapa kegiatan untuk cooling system dan analisis kerawanan yang mungkin terjadi pada Pemilu 2024. Tetap upayakan tindakan preemtif dan preventif agar situasi kamtibmas daerah Buleleng tetap terjaga. 


"Kepada Personil Polri untuk tetap Netralitas agar selalu ditekankan kembali, jangan ikut berpolitik. Tugas kita mengamankan selama kegiatan Politik berlangsung, dan apabila ada anggota yang melanggar agar Bidpropam menindaklanjuti dengan memberikan Sanksi disiplin, Sanksi Kode Etik, Sanksi Pidana sampai PTDH. Agar dilaksnakan Pengamanan Gudang Pemilu. Untuk anggota pam agar selalu berkoordinasi dengan KPU. Pastikan apakah sudah ada alat pemadam ringan /APAR. dan melaksanakan pemeriksaan Assesment untuk kesiapan dan kelayakan Gudang Logistik," ujarnya.

"Terhadap Humas Polri Jajaran Polres lakukan cyber patrol menyangkut berita hoax media online diamati jangan sampai merugikan masyarakat kita dan diantisipasi berita yang berisi provokasi," tegasnya. 

Penekanan Kapolda Bali kepada Kapolres Buleleng dan para pejabat operasi mantap brata 2023-2024 agar mengelola dengan baik manajemen rencana pengamanan berdasarkan konsep asta siap dan potensi kerawanan yang ada. Tingkatkan kegiatan preemtif dan preventif baik yang dilakukan oleh jajaran intelijen, samapta maupun Binmas. 

"Tetap laksanakan monitoring terhadap potensi kerawanan maupun dinamika situasi di lapangan. Jalin kerja sama dan berdayakan unsur keamanan lokal (sipandu beradat dan bankamda) untuk memelihara kamtibmas di wilayah masing-masing tetap kondusif. Segera tindak lanjuti permasalahan sekecil apapun di masyarakat terkait dengan pelaksanaan pemilu," ungkapnya.

"Cooling system harus tetap kita laksanakan untuk mencegah terjadinya polarisasi ekstrem yang dapat memecah belah masyarakat. Memasuki masa kampanye, tetap atensi terhadap dinamika politik yang terjadi di sekitar kita, seperti peristiwa penurunan atau pengerusakan baliho parpol/caleg yang terjadi di beberapa wilayah Bali. Jangan sampai peristiwa tersebut terus berkembang menjadi konflik sosial dalam masyarakat," terangnya.

"Tetap jaga komitmen netralitas dalam pelaksanaan tugas, jangan terlibat dalam kegiatan politik yang dapat menurunkan kredibilitas dan citra Polri. Laksanakan latihan Dalmas secara berkala dan berkesinambungan untuk melatih kesiapsiagaan personel dalam menghadapi konflik sosial dan kontijensi lainnya," sambungnya.

"Humas agar lebih mengintensifkan kegiatan viralisasi dan amplifikasi kegiatan yang kita laksanakan selama operasi Mantap Brata brata Agung 2023-2024. Tingkatkan koordinasi dan sinergitas dengan TNI, Pemda, KPU, Bawaslu dan Instansi terkait lainnya untuk bersama-sama menyukseskan pemilu tahun 2024," pesan Kapolda.

"Sesuai dengan arahan bapak kapolri kita semua harus menyiapkan dan memastikan pemilu tahun 2024 berjalan lancar. Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu, khususnya kegiatan kampanye ini sehingga tidak menimbulkan polemik yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas," tuturnya.

"Mari kita jadikan kampanye pemilu sebagai wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggungjawab guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu," ucap kapolda Bali.

Pada FGD ini Pj. Bupati Buleleng mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Bali, "dengan kegiatan ini nantinya selalu koordinasi antar instansi, FKUB dan seluruh stakeholder agar Pemilu di Kabupaten Buleleng terselenggara dengan aman, netralitas ASN, Polri-TNI, bahwa kita tetap netral dan menjalankan tugas dengan profesional," imbuhnya.*

(Arifn)

TerPopuler