Amankan Kunjungan Wapres RI di Bali, Kodam IX/Udayana Laksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP

Selasa, 05 Desember 2023, 15:20 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Pengamanan Very Very Important Person (VVIP) merupakan sebuah kehormatan yang diberikan oleh negara kepada kita dan wajib dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, mengingat Wakil Presiden merupakan representasi negara yang harus mendapat perlakuan pengamanan secara khusus. Dalam hal ini Kodam IX/Udayana bersama-sama dengan Polda, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya senantiasa bersinergi dalam melaksanakan pengamanan VVIP guna menjamin keamanan Wakil Presiden beserta rombongan selama berada di Bali. 

Hal tersebut disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., dalam amanatnya yang dibacakan  Danrem 163/WSA Brigjen TNI Agus M. Latif saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI dan Ibu Hj. Wury Estu Ma’ruf Amin beserta rombongan di Provinsi Bali, Selasa (5/12/2023) di Aula Makorem 163/WSA, Denpasar. 

“Perlakuan pengamanan secara khusus sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI bahwa pengamanan terhadap Presiden beserta keluarganya dan tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan merupakan representasi negara yang harus mendapat perlakuan pengamanan secara khusus," jelas Pangdam dalam amanatnya.


Lebih lanjut Pangdam juga menyampaikan, bahwa Kunjungan Kerja Wakil Presiden beserta rombongan dalam rangka menghadiri acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023, Pangdam mengharapkan Semua personel yang tergabung dalam Satgas maupun Subsatgas Pengamanan VVIP harus memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP, memegang teguh disiplin, jangan lengah serta ragu dalam bertindak. 

“Perlu menjadi perhatian bersama bahwa dalam pelaksanaan tugas pengamanan di lapangan pasti akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk itu jalin komunikasi yang baik dengan masyarakat karena kita kuat bersama rakyat laksanakan koordinasi dengan semua unsur yang terlibat serta cermati dan laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di lapangan. Hal terpenting utamakan faktor keamanan personel dan materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing," tegasnya.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP tersebut diantaranya Kabinda Bali, Kasrem 163/WSA, Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Karoops Polda Bali, Dirintelkam Polda Bali, Dirlantas Polda Bali, Dirsamapta Polda Bali, Para Dan/Ka Satjaj Kodam IX/Udayana, Dansat Brimobda Bali, Kapolresta Denpasar, Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai serta undangan lainnya.*

(Arifin/Pendam IX/Udayana)

TerPopuler