Bhabinkamtibmas Polsek Dolok Pardamean Tekankan Kerjasama Komunal Jelang Tahun Politik dan Libur Nataru

Selasa, 19 Desember 2023, 23:00 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bhabinkamtibmas Polsek Dolok Pardamean, Aiptu W. Simatupang, melaksanakan sambang dan patroli dialogis di warung kopi milik Pak Kesia Simarmata di Nagori Bayu, Kecamatan Dopar, Kabupaten Simalungun, Selasa (19/12/2023).

Dalam agenda komunitas yang penuh keakraban ini, Aiptu W. Simatupang menyampaikan pentingnya kerjasama warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, khususnya menjelang puncak tahun politik yang akan dihadapi pada pemilihan Presiden dan legislatif tahun 2024. 

Beliau menekankan bahwa persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat dapat mencegah perpecahan yang dapat terjadi di masa politik yang krusial itu.

Lebih lanjut dikatakan, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bhabinkamtibmas mengingatkan warga untuk tetap waspada dan memastikan semua peralatan rumah tangga seperti kompor gas dan lampu serta perangkat elektronika lainnya dalam keadaan mati sebelum meninggalkan rumah.

Langkah ini diharapkan dapat mencegah terjadinya insiden tak diinginkan selama periode liburan dan kunjungan keluarga.


Aiptu W. Simatupang juga mengimbau masyarakat untuk proaktif melaporkan ke Polsek Dolok Pardamean jika mengetahui atau mendengar adanya gangguan Kamtibmas.

"Masyarakat diingatkan untuk selalu menyertakan nomor HP yang aktif dalam setiap laporan agar pihak kepolisian dapat melakukan tindakan cepat terhadap laporan tersebut," ucap Aiptu W. Simatupang.

Acara tersebut tidak hanya menjadi wadah edukasi keamanan bagi warga, tetapi juga sebagai ajang peningkatan rasa kekeluargaan antara polisi dan masyarakat. Kapolsek Dolok Pardamean, AKP S. Tampubolon, mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bagian dari inisiatif komunitas Polsek untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Dengan cuaca yang mendukung, kegiatan sambang dan patroli dialogis berlangsung lancar dan mendapat respon positif dari warga. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan serta kesiapsiagaan warga dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, terutama dalam menyongsong tahun politik yang akan datang.*

(PN)

TerPopuler