Jelang Nataru, Danrem163/Wirasatya Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Agung 2023

Kamis, 21 Desember 2023, 10:39 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M. Latif menghadiri Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Agung Tahun 2023 dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dipimpin oleh Pj. Gubernur Bali Drs. Sang Made Mahendra Jaya, M.H., didampingi oleh Kapolda Bali (Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., dan dihadiri sekitar 500 orang, Bertempat di lapangan Puputan Niti Mandala Denpasar, Jalan Basuki Rachmat, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. Kamis (21/12/2023).

Operasi Lilin Agung yang diadakan oleh Polda Bali merupakan inisiatif keamanan yang dilakukan selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengamanan dan kenyamanan masyarakat selama periode tersebut,

Operasi Lilin digelar selama 12 hari dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Pimpinan Apel mengatakan, Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

“Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, "Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,"  ungkapya.


“Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta. orang dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi,” tambahnya.

“Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Operasi Lilin 2023" selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan," jelasnya.

Mengakhiri amanatnya Bapak Kapolri mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, BPJT, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023.

Beliau juga berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah, "Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024". Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua. Pungkasnya.

Kegiatan ini di hadiri oleh Pj. Gubernur Bali, Ketua DPRD TK I Prov Bali, Pangdam IX/Udayana, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Danrem 163/WSA, Ka Binda Bali, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, Kepala BNN Prov Bali, Ketua FKUB Prov Bali serta pejabat terkait lainya.*

(Nisa)

TerPopuler