Kapolres AKBP Yogen Heroes Baruno Curhat Kamtibmas "Kopi Siantar Man" Kepada Warga

Sabtu, 16 Desember 2023, 08:32 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Pematang Siantar - Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H., S.I.K., melaksanakan Curhat Kamtibmas dinamakan "Kopi Siantar Man" (Konsultasi Obrolan Polisi Interaktif, Sinergi Ideal ANdalan Tingkatkan Active Response, Masyarakat Aman Nyaman kepada masyarakat Kelurahan Bantan. 

Kegiatan itu di halaman rumah milik Bapak Tungkot Tambunan, di Jalan Kartini Gang Andalas, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, pada Jumat, (15/12/2023) pukul 13:30 WIB. 

Camat Siantar Barat, Herwan Saragih, S.H., dalam kata sambutannya menyampaikan, kami dari Kecamatan Siantar Barat menyambut baik akan adanya kegiatan ini dan ini merupakan kegiatan kedua semenjak bapak Kapolres berdinas di Pematang Siantar. 

"Secara umum situasi kamtibmas di wilayah siantar barat masih kondusif," ucap Camat. 

Sambung Camat, seminggu yang lalu ada kejadian di masyarakat tentang perkelahian keluarga dan adanya pengaduan di Kelurahan Teladan dan Timbang Galung, tapi semuanya dapat terselesaikan dengan kekeluargaan. Semua atas kerjasama dari tiga pilar yaitu Polisi, TNI, dan pemerintahan dibantu oleh seluruh RT, RW, Kepling setempat.

"Semoga program ini dapat berjalan terus dan menjadi ikon di Kota Pematang Siantar untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," kata Camat. 

Sementara Kapolres Pematang Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, S.H., S.I.K., mengatakan KOPI SIANTAR MAN adalan forum bagaimana kita selaku aparat kepolisian terjun langsung kelapangan membawa seluruh Pejabat utama (PJU) langsung ke tingkat kelurahan untuk menampung aspirasi apa yang menjadi keluhan masyarakat. 


"Kalau pun langsung dijawab, akan saya dan PJU yang disini menjawab dan kalaupun tidak akan menjadi diskusi kami di kantor kemudian kita tindaklanjuti dengan formula yang baru. Jadi tidak ada lagi kesulitan masyarakat dalam menyampaikan keluhan-keluhan yang terjadi terutama terkait masalah kamtibmas," ucap Kapolres. 

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, apalagi sekarang sudah memasuki masa tahap kampanye Pemilu sudah semakin dekat, kehadiran kami untuk mengingatkan para warga sekalian untuk menjaga kondusifitas di Kota Pematang Siantar khususnya Kelurahan Bantan Gang Andalas. 

Dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas melakukan problem solving sebelum menjadi laporan polisi sudah berjalan sangat baik kepada masyarakat. 

"Saya harapkan kegiatan ini dapat berjalan terus, saya yakin dan percaya para Bhabin saya fighter semua sehingga tahun depan seluruh keluruhan terisi 1 Bhabinkamtibmas yang selama ini masih kurang 19 Bhabin. Karena penjuru utama tugas kepolisian sebenarnya yang efektif dilakukan para Bhabinkamtibmas seperti sambang, membuat laporan informasi, problem solving. Sehingga banyak penghargaan diterima oleh Bhabin dengan inovasi-inovasi di desa atau kelurahan binaanya. Saya mengapresiasi dukungan dari masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, " kata AKBP Yogen. 

"Disini juga disampaikan bahwa Polres Pematang Siantar memiliki nomor WA untuk menyampaikan aduan yang aktif 1x24 jam dan akan segera di tindak lanjuti. Masyarakat juga bisa melapor di 110 dan juga menginstall aplikasi Super App di HP masing-masing untuk memberikan informasi. Kami perlu masukan dari warga agar aa ini dapat bermanfaat untuk pelayanan Harkamtibmas selanjutnya," pungkas Kapolres. 

Usai penyampaian kata kata sambutan dan perkenalan, acara dilanjutkan sesi tanya jawab dengan warga serta diakhiri photo bersama. 

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Kompol Pardamean Hutahaean, S.H., S.I.K., M.H., Para PJU Polres, Kapolsek Siantar Barat Ipda Agustina Triyadewi, Kapolsek Siantar Martoba Iptu Riswan, Camat Siantar Barat Herwan Saragih, S.H., Lurah Bantan Rizki Mariam Daulay, Ketua BKPRMI Ustad Faidil Siregar, Tokoh masyarakat Tunkot Tambunan, Bhabinkamtibmas Polsek Siantar Barat, Personil Polsek Siantar Barat dan masyarakat Kelurahan Bantan.*

(PN)

TerPopuler