Kerangka Manusia Yang Ditemukan di Setokok Ternyata Seorang Perempuan Warga Karimun

Rabu, 13 Desember 2023, 23:18 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Batam - Satreskrim Polresta Barelang melakukan penyelidikan terhadap penemuan tulang manusia di Jalan Trans Barelang Kota Batam. Rabu (13/12/2023).

Kronologis kejadian berawal pada hari Senin 11 Desember 2023 sekira pukul 08.10 WIB. Saksi 2 yang bernama A sebagai penjaga kebun di Teluk air Kelurahan Setokok Kecamatan Bulang Kota Batam yang mencurigai ada benda mirip tengkorak manusia. 

Selanjutnya, saksi 2 yang bernama A memanggil saksi 1 berinisial R di kebunnya yang berada tidak jauh TKP dan saksi 1 menyampaikan ada benda menyerupai tengkorak manusia dan saksi 1 beserta saksi 2 dan saksi 3 mendatangi TKP membenarkan adanya ditemukan benda menyerupai tengkorak manusia. 

Setelah itu, saksi 1, R menghubungi seorang anggota Polri melalui via telp dan menceritakan kronologis kejadian. Mendapatkan informasi tersebut Unit Reskrim Polsek Bulang yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda Hapenri, bersama LPS beserta Reskrim Polsek Bulang dan bhabinkamtibmas setokok mendatangi TKP dan langsung  mengamankan TKP yang di bantu oleh Tim Identifikasi Polda Kepri untuk melakukan olah TKP.

Setelah melakukan olah TKP, kemudian jasad tersebut dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara oleh Tim Inafis Polresta Barelang. Selanjutnya, dilakukan visum dan Autopsi oleh Tim dokter forensik. Kasus temuan kerangka yang ini ditangani Sat Reskrim Polresta Barelang. 

“Hasil penyelidikan tersebut setelah di lakukan Autopsi bahwa kerangka tersebut telah teridentifikasi di duga berjenis kelamin perempuan dengan inisial F (35)  lahir di Batu Limau, Pekerjaan sebagai pembantu Rumah tangga dengan alamat Jalan Indratno H. Atan Rt 001 Rw 001 Kelurahan Batu Limau, Kecamatan Ungar Kabupaten Karimun Kepri. 

Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Budi Hartono, S.I.K., M.M. mengatakan, dalam proses penyelidikan termasuk pelaksanaan Autopsi di tanggung oleh negara yaitu sesuai dengan ketentuan hukum acara pidana pasal 136 KUHAP, dan proses penyelidikan tetap kita lanjutkan untuk mengungkap sebab- sebab kematian dan menunggu hasil pemeriksaan Autopsi untuk mengetahui sebab- sebab kematian. 

"Hari ini pihak rumah sakit bhayangkara telah menyerahkan kerangka atau mayat tersebut kepada pihak keluarga untuk di bawa ke Tanjung Balai karimun," jelasnya.

"Sedangkan pembiayaannya untuk pemulasaran jenazah dan peti di tanggung oleh pihak keluarga, dan apabila keluarga tidak mampu maka pihak rumah sakit bisa berkoordinasi ke Dinas Sosial. Bagi mayat yang tidak diketahui identitasnya di tanggung oleh Dinas Sosial," pungkas Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Budi Hartono, S.I.K., M.M.*

(Devi)

TerPopuler