Pererat Sinergitas Kepolisian Dengan Masyarakat, Polresta Denpasar Gelar Jumat Curhat di Desa Sumerta Kauh

Jumat, 29 Desember 2023, 14:38 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Polresta Denpasar dan Polsek Denpasar Timur menggelar kegiatan Jumat Curhat, yang bertempat di Ruang Pertemuan, Kantor Desa Sumerta Kauh, Jalan Kamboja, Denpasar Timur, Jumat (29/12/2023) pukul 10.10 WITA.

Kegiatan ini menjadi wahana dialog yang sangat berarti antara aparat kepolisian dengan warga masyarakat Desa Sumerta Kauh. 

Tampak hadir pada kegiatan ini antara lain, Kasat Binmas Polresta Denpasar, Kasat Polair Polresta Denpasar, Kapolsek Denpasar Timur, Kanit Binmas Polsek Denpasar Timur, Kasubnit 1 Kamsel Polresta Denpasar, Kanit IV Intelkam Polresta Denpasar, Perbekel Desa Sumerta Kauh, Jro Bendesa adat Pagan, Ketua BPD beserta anggota Desa Sumerta Kauh, Ketua beserta anggota PKK Desa Sumerta Kauh, Bhabinkamtibmas Desa/Kelurahan Polsek Denpasar Timur, Babinsa Desa Sumerta Kauh, Kadus/Kaling seDesa Sumerta Kauh dan Perwakilan pecalang.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan, aspirasi, permasalahan, serta gangguan kamtibmas secara langsung kepada pihak kepolisian. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap Program Kerja dari Mabes Polri. 

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan Perbekel Desa Sumerta Kauh yang menyoroti pentingnya Jumat Curhat sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai hal dari masyarakat kepada pihak kepolisian. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Bhabinkamtibmas Desa Sumerta Kauh dan Babinsa atas dukungannya dalam berbagai kegiatan di wilayah Desa Sumerta Kauh. 

Arahan dari Kasat Binmas Polresta Denpasar menjadi momen penting dalam kegiatan ini. Beliau menjelaskan bahwa Jumat Curhat merupakan instruksi dari Mabes Polri untuk menyerap aspirasi, permasalahan dan kritikan masyarakat guna meningkatkan situasi kamtibmas. 


Dalam konteks pemilu, Kasat Binmas mengingatkan pentingnya anggota Polri menjaga netralitas dan mengajak masyarakat untuk memilih sesuai hati nurani, serta bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif selama perhelatan Pemilu 2024.

Ketua BPD Desa Sumerta Kauh menyampaikan keluhan terkait perayaan tahun baru, khususnya terkait dengan kembang api dan musik keras yang mengganggu ketenangan warga. 

Dalam tanggapannya, Kasat Binmas memberikan jaminan bahwa kepolisian akan berkolaborasi dengan pihak adat dan pecalang untuk mengantisipasi permasalahan tersebut.

Kegiatan juga melibatkan penyampaian dari Kapolsek Denpasar Timur (Dentim), Kasat Pol Air Polresta Denpasar, perwakilan Lantas Polresta Denpasar, dan perwakilan pecalang. Mereka memberikan arahan, tanggapan, dan himbauan terkait pengamanan tahun baru, masalah keamanan, serta upaya bersama menjaga kondusifitas wilayah.

Puncak kegiatan adalah penyerahan sarana kontak dari Polresta Denpasar/Polsek Dentim kepada pecalang dan linmas, sebagai langkah konkret dalam memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat. Kegiatan Jumat curhat berakhir pada pukul 11.55 Wita dengan suasana yang aman dan kondusif, memberikan harapan akan terwujudnya kerjasama yang lebih erat demi keamanan dan kenyamanan bersama.*

(Nisa)

TerPopuler