Pj Walikota Tebing Tinggi Kukuhkan Relawan Pemadam Kebakaran

Kamis, 28 Desember 2023, 17:24 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tebing Tinggi - Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, M.Si., mengukuhkan Relawan Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kamis (28/12/2023) di Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tebing Tinggi, Komplek Perkantoran BP7, Kamis (27/12/2023).

Sebanyak 100 orang relawan yang terdiri dari 2 orang relawan per kelurahan, ditambah koordinator tingkat kota dan kecamatan, dikukuhkan dan nantinya dapat membantu tugas Dinas Damkar Tebing Tinggi.

Penjabat Wali Kota Syarmadani menyampaikan, Pemadam Kebakaran adalah organisasi yang dibentuk pemerintah yang paling tua, bahkan sebelum Pamong Praja. Hebatnya, seiring perkembangan zaman, Damkar ini tugasnya tidak lagi semata-mata hanya  sebagai pemadam, tapi juga menjadi penyelamat.

Dikatakan Pj. Wali Kota, seiring dengan waktu dan perkembangan, fungsi dan tugas dari petugas Damkar sangat terbatas, sementara wilayah kerjanya luas dan yang lebih penting waktu yang dimiliki untuk proses penyelamatan, evakuasi dan sebagainya sangat sedikit, sehingga kecepatan respon gerak sangat penting.

"Maka daripada itu untuk mengantisipasi hal ini, pemerintah mengupayakan berbagai cara termasuk pembentukan relawan. Disinilah sisi kemanusiaan kita benar-benar terpanggil. Jadi kepada relawan, dengan sebuah permohonan dan kehormatan marilah kita dukung sisi kemanusiaan ini," kata Pj. Wali Kota.


Karena menurut Pj. Wali Kota, banyak hal tidak hanya sekedar menyelamatkan orang, barang, dan hewan, tetapi lebih dari itu, Damkar ini membangun sisi kemanusiaan.

"Kita juga perlu mensosialisasikan atau mengedukasi cegah dini bencana kebakaran, karena itu lebih bermakna. Contohnya, ketika kita sudah tahu potensi kebakaran itu karena listrik atau kompor. Kita ingatkan agar memakai listrik dengan benar, dan hati-hati dalam menggunakan kompor, terutama saat berpergian," pungkas Pj. Wali Kota.

Hal-hal seperti ini menurut Pj. Wali Kota tidak terlepas dari peran serta para relawan. "Kepada Camat dan Lurah mohon difasilitasi, didukung semangat para relawan kita ini," tutup Pj. Wali Kota.

Sebelumnya, Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Tebing Tinggi, H. Abdul Halim Purba mengungkapkan, relawan Damkar ini pertamakali dikukuhkan pada tahun 2022 di Jakarta. Pada saat itu diharapkan ada regulasi pemerintah kepada seluruh daerah untuk membentuk relawan ini, karena sangat berfungsi untuk mendukung dan membantu Dinas Damkar.

"Dengan adanya relawan kebakaran ini diharapkan nantinya dapat membantu Dinas Damkar dan Penyelamatan, untuk antisipasi atau pencegahan terjadinya kebakaran, membantu evakuasi, dan memberikan informasi ataupun jalur evakuasi," ujar Halim.

Dijelaskan Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota, terhadap relawan juga akan diberikan pembekalan dasar tentang bagaimana sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Kegiatan pengukuhan dilanjutkan dengan pembekalan dan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran, yang diikuti seluruh Relawan Pemadam Kebakaran Kota Tebing Tinggi.

Turut hadir dalam kegiatan Tersebut, Camat dan Lurah se-Kota Tebing Tinggi.*

(JE)

TerPopuler