Polres Simalungun Gelar Pembinaan dan Pemulihan Profesi Polri Bersama Kasubbag Rehab Polda Sumut

Jumat, 15 Desember 2023, 07:34 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas dan integritas personil, Polres Simalungun mengadakan acara pembinaan dan pemulihan profesi Polri yang dipimpin oleh Kasubbag Rehab Bidpropam Polda Sumatra Utara pada Kamis (14/12/2023)

Acara yang diadakan di Aula Andar Siahaan Polres Simalungun Patamatang Raya Kab. Simalungun ini diikuti oleh Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, S.H, M.H., beserta perwira dan personil lainnya dari Polres Simalungun serta Bidpropam Polda Sumut.

Wakapolres Simalungun, Kompol Efianto, S.H, M.H., dalam sambutannya menyampaikan, Bapak Ibu hadirin yang saya hormati, terima kasih kepada Kasubbag Rehab Bidpropam Polda Sumatra Utara yang telah membimbing kita hari ini, serta seluruh personil di sini yang telah menunjukkan komitmen terhadap peningkatan kualitas diri dan kesatuan.

"Sebagai anggota Polri, kita diamanahkan oleh negara dan masyarakat untuk menjadi suri tauladan yang mengutamakan hukum dan keadilan. Oleh karenanya, kegiatan pembinaan dan pemulihan profesi ini sangatlah penting bagi kita semua. Ini bukan sekadar seremonial, melainkan bentuk konkrit dari dedikasi kita terhadap reformasi mental dan tata kelola internal yang lebih baik," tuturnya.

"Setiap hari kita telah bersumpah untuk mengemban tugas dengan penuh integritas dan profesionalisme. Inilah saatnya kita memeriksa kembali dan meneguhkan kembali nilai-nilai tersebut dalam setiap aspek kerja kita," sambungnya.

"Saya mengajak seluruh personil untuk berkaca pada diri sendiri, mengevaluasi kinerja kita, dan bercermin pada prinsip-prinsip Polri yang kita junjung tinggi. Mari kita sama-sama menolak segala bentuk pelanggaran disiplin dan etika profesi, serta bergerak maju untuk menjadi kekuatan kepolisian yang lebih disegani dan dipercaya oleh masyarakat," terangnya.

Pemulihan profesi bukanlah tujuan akhir, tetapi suatu proses berkelanjutan. Oleh karena itu, kegiatan hari ini hendaknya menjadi momentum kita untuk tetap berkomitmen pada proses peningkatan diri setiap waktu.

"Saya berharap dengan pembinaan ini, kita semua menjadi anggota Polri yang lebih bertanggung jawab, berintegritas, dan profesional menjalankan tugas. Mari kita buktikan bahwa Polri mampu menjadi institusi yang bekerja keras untuk keadilan, kedamaian, dan kesejahteraan warga negara," ungkapnya.


"Sekali lagi, terima kasih atas partisipasi dan semangat yang telah ditunjukkan hari ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi langkah kita dalam menjalankan tugas mulia ini," tandas Efianto.

Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 12:00 WIB dengan pembukaan oleh protokol, dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Brigadir Kamaruzaman. Dalam sambutannya, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto menyampaikan pentingnya pembinaan ini dalam menjaga profesionalisme personil Polri.

Kasubbag Rehab Bidpropam Polda Sumut Kompol Ragawati Simbolon memberikan arahan mengenai berbagai aspek pemulihan profesi, yang berfokus pada peningkatan kinerja dan pencegahan tindakan tidak terpuji dalam tugas kepolisian.

Paur Subbagwatpers Bag SDM Polres Simalungun, Kasidokkes Polres Simalungun, dr. Sirovensia N. Banjarnahor, dan Kanitpaminal Sipropam Polres Simalungun turut memberikan bimbingan yang relevan dengan bidang masing-masing, seperti kesehatan, administrasi personil, dan pengawasan internal.

Rohaniawan Pdt. Walten Simanjuntak, M.Th., memberikan nasehat yang menekankan pentingnya nilai spiritual dalam menjalankan tugas. Selain itu, kegiatan dilengkapi dengan pembulatan materi oleh Kasubbag Rehab Bidpropam Polda Sumut dan penandatanganan fakta integritas sebagai wujud komitmen bersama terhadap kode etik profesi polri.

Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Polres Simalungun dalam memastikan profesi polri dijaga secara profesional dan terbebas dari praktik-praktik yang dapat merugikan masyarakat serta citra institusi kepolisian.

Pembinaan dan pemulihan ini diharapkan dapat meningkatkan performa dan integritas personil dalam menjalankan tugasnya sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.*

(PN)

TerPopuler