Rekontruksi Pembunuhan Mantan Dirut RSUD Padang Sidempuan, Tersangka Peragakan 19 Adegan

Senin, 11 Desember 2023, 22:25 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Batam - Unit Reskrim Polsek Batu Aji menggelar rekonstruksi kasus dugaan tindak pidana Penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia yang di laksanakan di Perum Muka Kuning Indah 1 Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji Kota Batam, Senin (11/12/2023).

Tindak Pidana tersebut terjadi pada Sabtu 04 November 2023 sekira pukul 01.00 WIB di Perum Muka Kuning Indah 1 Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji Kota Batam.

Tersangka AY (suami korban) diduga melakukan tindak pidana pembunuhan tersebut dibantu oleh istri siri tersangka AY berinisial BL (masih dibawah umur).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Batu Aji AKP Benny Syahrizal, S.H., M.H., PS. Kanit Reskrim Polsek Batu Aji, Kanit Intelkam Polsek Batu Aji, PS. Kanit Propam, Personil Unit Reskrim, Personil Unit Intelkam, Unit Inafis Polresta Barelang, Kejaksaan Negeri Batam, Penasehat Hukum Tersangka Ramadhan Sitio, S.H. 

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Batu Aji AKP Benny Syahrizal, S.H., M.H., mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan sebanyak 19 reka adegan yang terjadi di Perum Muka Kuning Indah 1 Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji Kota Batam. 


Mulai dari tanggal 1 November 2023 awal tersangka dan korban terlibat perselisihan adu mulut, kemudian saat pertama kali tersangka menganiaya korban hingga pingsan. Saat tersangka datang bersama tersangka BL juga diperagakan dalam adegan tersebut, kemudian saat tersangka menyusun tabung gas dan bensin disekitar rumah, hingga pada saat korban ditemukan oleh saksi bersama-sama dengan warga pada hari Sabtu, 04 November 2023 pukul 01.00 Wib. Dan disaksikan langsung oleh Jaksa dan pengacara tersangka.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, S.H., S I.K., M.H., melalui Kapolsek Batu Aji AKP Benny Syahrizal, S.H.,M.H., menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan tahapan penyidikan yang sudah diagendakan oleh penyidik dan jaksa yang akan menangani perkara tersebut. 

Rekonstruksi tersebut dilaksanakan untuk menguatkan alat bukti sehingga proses pengiriman berkas perkara ke kejaksaan tidak ada hambatan. 

“Setelah ini penyidik kami akan berkoordinasi dengan jaksa untuk tahap 1 berkas perkara,” ujar Kapolsek Batu Aji AKP Benny Syahrizal, S.H., M.H. 

“Rekonstruksi ini sangat penting sebagai gambaran yang jelas tentang terjadinya suatu tindak pidana tersebut dan untuk menguji kebenaran keterangan pelaku ataupun saksi yang ada sehingga dapat diketahui benar tidaknya tersangka melakukan Tindak Pidana tersebut seperti yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP),” ungkap Kapolsek Batu Aji AKP Benny Syahrizal, S.H., M.H.

Dalam rekonstruksi tersebut tersangka Ahmad Yuda dan Bunga Lestari dengan pengawalan Kepolisian.*

(Devi)

TerPopuler