Ribuan Jemaat Kristiani Hadiri Natal Oikumene Kota Tebing Tinggi

Senin, 18 Desember 2023, 19:09 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tebing Tinggi - Ribuan jemaat Kristiani Kota Tebing Tinggi, baik anak-anak, kalangan muda dan usia tua antusias dalam menghadiri ibadah dan perayaan Natal Oikumene tahun 2023, pada Minggu sore (17/12/2023) di lapangan Merdeka Jl. Dr. Sutomo.

Natal Oikumene Kota Tebing Tinggi tahun ini mengangkat tema "Kemuliaan Bagi Allah Dan Damai Sejahtera Di Bumi" dan sub tema :  "Dengan Semangat Natal, Seluruh Umat Kristiani Untuk Mendatangkan Damai Dejahtera di Kota Tebing Tinggi Dalam Menyambut Pemilu 2024".

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi yang diwakili Kadis Ketapang dan Pertanian, Marimbun Marpaung, SP., M.Si., membacakan sambutan Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, mengatakan, setiap peristiwa peringatan keagamaan akan bermakna kalau kita dapat memetik nilai-nilai yang terkandung didalamnya. 

“Kalau kita bisa menghayati setiap peristiwa religius yang diperingati, disitu akan dapat dipetik mutiara-mutiara kehidupan yang akan menjadi inspirasi dan sumber motivasi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia,” ujar Marimbun Marpaung, SP., M.Si.

Demikian juga dengan perayaan Natal, ujar Marimbun Marpaung, SP., M.Si., saat ini sekiranya mempunyai arti yang sangat penting. Natal mengajarkan bagaimana umat Kristiani harus mengasihi, berdamai dan berbagi dengan orang lain. 

“Dalam semangat Natal, ada tanggung jawab yang besar, yaitu keterlibatan dalam hidup ini secara penuh dan benar, tidak berputar-putar pada keberagamaan yang ritualistik dan penekanan pada kesalehan pribadi yang vertikal saja. namun menuntut sebuah upaya mentransfer kesalehan individual menjadi kesalehan sosial,” katanya. 

Pada kesempatan ini juga, Marimbun Marpaung, SP., M.Si., masih dalam sambutannya, mengajak seluruh komponen umat kristiani di Kota Tebing Tinggi agar bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang akan berlangsung beberapa bulan lagi.


“Mari selalu kita jaga semangat persatuan dan kesatuan serta berpartisipasi aktif dalam pemilu demi kemajuan negara yang kita cintai ini demikian sambutan ini, semoga kita menjadi pembawa cinta kasih, damai dan terang bagi dunia,” kata Marimbun Marpaung, SP., M.Si.

Ketua DPRD Kota Basyarudin Nasution, S.H., M.H., menyampaikan dalam sambutannya, perayaan Natal Oikumene menjadi semangat bersama untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi. 

"Kita harus saling memberikan perhatian untuk sesama. Itu wujud kesejahteraan," kata Ketua DPRD. 

Bersesuaian dengan thema, Ketua DPRD berharap Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar, umat Kristiani di Kota Tebing Tinggi kiranya ikut mendukung pesta Demokrasi sehingga lahirnya pimpinan yang berkualitas membawa kesejahteraan masyarakat. 

"Kita jangan mau terpecah belah karena beda pilihan. Mari tetap jaga kekondusifan di Kota Tebing Tinggi," pesan Ketua DPRD. 

Sementara, pengkhotbah dari Sekretaris Jendral HKI Pdt Hotman Hutasoit, M.Th., menyampaikan renungan Natal dari Nats, Lukas 2 :14, mengajak jemaat yang hadir perayaan Natal Oikumene dapat mengimplementasikan Kemuliaan Allah di tengah kehidupan sehari-hari. "Natal ini jadi momen kita ikut mewujudkan kesejahteraan bagi semua," katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ogamota Hulu mengatakan kegiatan perayaan natal Oikoumene 2023, bagian dari kegiatan Pemko Tebing Tinggi setiap tahun, yang mana anggarannya sudah ditampung pada APBD Pemko Tebing Tinggi.

"Natal Oikumene tahun ini, panitia menyalurkan  bakti sosial (baksos) sebanyak 300 karung beras kepada jemaat dari berbagai denominasi gereja," ujarnya.*

(JE)

TerPopuler